SOLOPOS.COM - Terminal induk Wonogiri sepi (Tika Sekar Arum/JIBI/Solopos)

Terminal induk Wonogiri sepi (Tika Sekar Arum/JIBI/Solopos)

Terminal induk Wonogiri sepi (Tika Sekar Arum/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI — Memasuki H-1 Lebaran, suasana di Terminal Induk Giri Adipura mulai sepi. Kedatangan bus pemudik juga berkurang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan data Posko Lebaran Terminal Induk Giri Adipura, jumlah bus datang sampai Rabu (7/8/2013) pukul 09.00 WIB, mencapai 152 unit dengan penumpang 2.766 orang.
Kedatangan bus pada H-1 Lebaran memang masih lebih tinggi sekitar 50% dibandingkan pada hari biasa. Namun, dibandingkan dengan H-2 dan H-3, kedatangan bus pada H-1 jauh berkurang.

Wakil Kepala Terminal Induk Giri Adipura, Sunarto, mewakili Kepala UPT Terminal, Haryadi, dan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Wonogiri, Ismiyanto, menjelaskan kedatangan bus pada Rabu mulai pukul 00.00 WIB sampai 09.00 WIB, jauh berkurang dibandingkan beberapa hari sebelumnya.

“Ya sudah berkurang. Sudah maksimal H-3 Lebaran yang lalu. Kalau sekarang mungkin hanya yang jatah liburnya mepet atau tidak dapat tiket,” kata Sunarto, saat ditemui wartawan, di terminal setempat, Rabu.

Kendati demikian, Sunarto mendeteksi masih ada bus-bus nonreguler (bus pariwisata) yang datang ke Wonogiri membawa pemudik. Rombongan pemudik yang menggunakan bus pariwisata itu tidak tergabung dalam program mudik gratis perusahaan atau instansi tertentu. Bisa jadi, perusahaan otobus (PO) sengaja menggunakan bus pariwisata untuk menampung limpahan pemudik yang tidak tertampung bus reguler.

Sementara itu, walaupun jumlah kedatangan bus dan penumpang berangsur turun, petugas piket di Terminal Induk Giri Adipura tetap seperti hari sebelumnya sejak H-7 Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya