SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, CIREBON–Memasuki hari pertama setelah peringatan Idul Fitri 1434 Hijriyah arus balik pemudik bermobil dari arah Jawa Tengah mengarah Jakarta mulai ramai melintasi daerah patai utara (Pantura) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada pagi hingga siang hari.

“Iring-iringan pemudik balik yang menggunakan kendaraan pribadi mulai ramai melintasi Cirebon dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta, meski rombongan roda dua terus mengalir,” kata Aiptu Suhartono salah seorang petugas Pos Pam Lebaran di Cirebon, seperti dilansir Antara, Sabtu (10/8/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia menjelaskan, pemudik balik roda empat mendominasi dengan sekitar 100 kendaraan setiap menit melintasi Cirebon, dan diperkirakan malam hari akan semakin meningkat, sehingga kepadatan pasti terjadi karena tingginya volume kendaraan yang melintasi Pantura Cirebon.

Ekspedisi Mudik 2024

Dia memperkirakan jumlah pemudik bersepeda motor akan meningkat sekitar pukul 12.00 WIB karena biasanya memanfaatkan perjalanan siang hari.

Nurdin salah seorang pemudik bermobil di Cirebon menuturkan, kepadatan arus lalu lintas mulai terjadi di daerah Pantura. Ia mengaku berangkat dari Pekalongan sekitar jam 03.00 WIB, dan tertahan di Kabupaten Brebes akibat mobil pembeli oleh-oleh parkir di bahu jalan.

Selain di Brebes, kepadatan arus cukup tinggi di Losari, Jawa Tengah, perbatasan dengan Jawa Barat. Aktifitas pasar tumpah memaksa pengendara menurunkan laju kendaraan mereka. Setelah melalui pasar tersebut kembali tersendat di pintu tol Kanci.

Muhamad pemudik lain mengaku, perjalanan dari Solo melintasi Tegal melalui Brebes sempat tersendat di sekitar alun-alun setempat. Selain itu jalur utama dipadati parkir liar.

Pada Sabtu ini  volume kendaraan cukup tinggi, kata dia, perjalanan dari Solo hingga Cirebon mencapai sepuluh jam dari biasanya sekitar enam jam menggunakan kendaraan pribadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya