top ear
ilustrasi virus corona atau covid-19 (Freepik.com)
  • SOLOPOS.COM
    ilustrasi virus corona atau covid-19 (Freepik.com)

Mudik dari Jakarta, PDP Corona Asal Madiun Meninggal Dunia

Seorang perempuan asal Kabupaten Madiun yang baru mudik dari Jakarta meninggal dunia di RSUD dr. Soedono Madiun, Kamis (9/4/2020) sore.
Diterbitkan Jumat, 10/04/2020 - 16:15 WIB
oleh Solopos.com/Abdul Jalil
2 menit baca

Solopos.com, MADIUN - Seorang perempuan asal Kabupaten Madiun yang baru mudik dari Jakarta meninggal dunia di RSUD dr. Soedono Madiun, Kamis (9/4/2020) sore. Perempuan berusia 23 tahun itu meninggal dunia dengan status pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19.

Pasien berinisial L ini ditetapkan sebagai pasien PDP karena memiliki riwayat tinggal di zona merah Covid-19, Jakarta. Perempuan ini sempat menjalani perawatan di RSUD dr. Soedono dua hari sebelum akhirnya meninggal dunia.

1 PDP Corona Karanganyar Meninggal di RSUD Moewardi Solo, Peserta Ijtima Gowa

Perempuan yang bekerja sebagai baby sitter di Jakarta itu merupakan warga Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Madiun, Mashudi, mengatakan pasien perempuan PDP ini meninggal dunia pada Kamis sore.

Jenazah juga telah dimakamkam Jumat dinihari dengan prosedur pemakaman jenazah Covid-19. "Dimakamkan Jumat dinihari dengan SOP pemakaman jenazah corona," kata Mashudi, Jumat (10/4/2020).

Kereta Api yang Masih Beroperasi Saat Covid-19 Tinggal 8, 142 Perjalanan Dibatalkan

Pihaknya belum bisa memastikan pasien tersebut positif Covid-19 atau tidak. Hal ini karena hasip swab korban belum diketahui. Namun, ia menyampaikan tim medis RSUD dr. Soedono sempat mengambip swab korban dan telah mengirimkannya ke Balitbangkes RI. Untuk mengetahui hasilnya dibutuhkan waktu tiga sampai empat hari.

Dengan meninggalnya perempuan yang bekerja sebagai babysitter ini menambah angka kematian warga yang berstatus PDP Covid-19 di Kabupaten Madiun. Sehingga saat ini ada dua warga berstatus PDP yang meninggal dunia.

Satu Pasien Bisa Hasilkan 14,3 Kg/ Hari, Limbah Medis Covid-19 Mendesak Ditangani

Diberitakan sebelumnya, seorang warga Kabupaten Madiun yang bekerja sebagai kernet bus juga meninggal dunia dengan status PDP Covid-19. Pemua yang berusia 19 tahun itu memiliki riwayat perjalanan di Jakarta sebelum akhirnya mudik di Madiun. Pasien tersebut sempat dirawat di RSUD dr. Soedono sebelum akhirnya meninggal dunia pad Rabu (8/4/2020).

Korban Lainnya

Sebelumnya, warga Kabupaten Madiun lainnya yang menjadi PDP juga meninggal dunia pada Rabu (8/4/2020). Pasien ini merupakan seorang pemuda 19 tahun dan dirawat di RSUD dr. Soedono Madiun.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Madiun, Mashudi, mengatakan pemuda itu berinisial AUK, warga Desa Jiwan, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun. Jenazahnya dimakamkan di tempat permakaman umum Dusun Sumbermoro, Desa Jiwan oleh petugas dari Puskesmas Jiwan. Pemakaman jenazah sesuai dengan protokol pemakaman jenazah pasien Covid-19.

Editor : Profile Ahmad Baihaqi
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

Properti Solo & Jogja


berita terkait