SOLOPOS.COM - Gerbang jalan tol Manyaran, Semarang, Jateng. (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Mudik Lebaran 2017 belum berakhir, separuh pemudik masih di kampung halaman mereka.

Semarangpos.com, SEMARANG — Sebanyak 353.000 kendaraan melintasi jalan tol Semarang, Jawa Tengah (Jateng), pada saat arus balik musim mudik Lebaran 2017, tepatnya hingga H+6, Minggu (2/7/2017). Angka itu belum sebanding dengan total kendaraan saat arus mudik yang mencapai 695.000 kendaraan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Puncak arus balik ini terjadi pada [Kamis] 29 Juni dengan jumlah kendaraan mencapai 200.000,” kata Tol Collection Management Manager PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Cabang Semarang Alvin Andituahta Singarimbun di Kota Semarang, Senin (3/7/2017).

Ia mengatakan jika dibandingkan dengan arus mudik, jumlah kendaraan pada arus balik pada musim mudik Lebaran 2017 ini jauh lebih rendah. Berdasarkan data, jumlah kendaraan yang melintasi tol Semarang pada arus mudik mencapai 695.000 kendaraan. Dengan kata lain, diasumsikan masih tersimpan hampir separuh kendaraan pemudik di kampung halaman.

Alvin mengatakan puncak arus mudik terjadi pada H-3 Lebaran dengan jumlah kendaraan mencapai 206.000. Menurut dia, jumlah kendaraan pada arus balik yang tidak sebanyak pada arus mudik karena masih berjalannya libur sekolah sehingga banyak masyarakat yang menunda perjalanan dan bertahan di wilayah tujuan mudik mereka.

“Kemarin itu kan waktu mudik mepet dengan hari raya, sedangkan saat balik bersamaan dengan libur sekolah. Bisa jadi mereka kembali ke kota asal bersamaan dengan waktu masuk sekolah,” katanya.

Meski demikian, dikatakannya, puncak arus balik tidak akan lagi terjadi mengingat hari kerja sudah mulai pada hari ini. “Kemungkinan jumlah kendaraan yang melintas pada arus balik hingga mendekati masuk sekolah tidak lebih dari puncak arus balik kemarin yaitu hingga 200.000 kendaraan,” katanya.

Meskipun jumlah kendaraan pada arus balik pada musim mudik Lebaran 2017 ini lebih rendah dibandingkan dengan saat arus mudik, dikatakannya, ada peningkatan sebesar 48% dibandingkan dengan volume lalu lintas di hari normal dan naik 32% dibandingkan arus balik Lebaran 2016 lalu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya