SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mendampingi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Menkop, dan UKM Teten Masduki (kedua dari kanan) meninjau produk UKM di Uniqlo Solo Neighborhood Solo Paragon Lifestlye Mall, Selasa (28/9/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, 34, sukses merintis karir sebagai pengusaha. Sebelum akhirnya banting setir ke dunia politik dan menjadi Wali Kota Solo tahun 2020.

Selama menjadi pengusaha, Gibran sukses mengumpulkan pundi-pundi kekayaan hingga mencapai Rp21.152.810.130. Hal itu merujuk Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi 2020.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, sejak menjadi orang nomor satu di Kota Bengawan, Gibran menyerahkan semua bisnis kepada sang adik, Kaesang Pangarep. Ayah Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah ingin fokus melayani warga Solo.

Baca Juga: Saluran Irigasi Wonosari Memerah, Hasil Laboratorium Sudah Keluar?

Dari mana saja sumber kekayaan Gibran selama menjadi pengusaha sukses? Berikut tujuh sumber penghasilan sang Wali Kota yang dihimpun solopos.com dari suara.com, Jumat (1/10/2021) siang:

1. Katering Chilli Pari di Sumber, Banjarsari.

Gibran memulai langkah bisnisnya mendirikan Chilli Pari tahun 2010. Kini Chilli Pari sudah tersebar di sejumlah daerah di luar Solo.

2. Martabak Kota Barat (Markobar).

Markobar yang dirintis Gibran dan Kaesang sudah mempunyai 33 cabang di sejumlah wilayah.

3. Mangkokku.

Bisnis ini dirintis Gibran bersama Cher Arnold Poernomo, sahabatnya. Produk Mangkokku berupa Rice Bowl dengan isian menggugah selera masyarakat Ibu Kota Jakarta.

Baca Juga: Pantau Langit Lurrr, Ada Voucher Rp500.000…

4. iColor.

Toko reparasi atau perbaikan produk-produk keluaran Apple.

5. Goola.

Produk kuliner minuman aneka rasa yang dirintis Gibran bersama Kevin Susanto tahun 2018.

6. Tugas Negara Bos.

Gibran juga menjajal bisnis konveksi dengan mengeluarkan produk jas hujan dengan merk Tugas Negara Bos.

Baca Juga: Berusia 34 Tahun, Gibran Punya Harta Segini…

7. Kerjaholic.

Aplikasi yang diproyeksikan dapat menghubungkan para pencari kerja dengan penyedia lowongan pekerjaan. Dia membangun bisnis ini agar anak-anak muda bisa cepat mendapatkan pekerjaan.

Saat diwawancara wartawan di sela-sela kunjungan ke RSUD Ngipang Solo pekan lalu, Gibran mengakui pendapatan saat menjadi pengusaha jauh lebih besar dibandingkan gajinya sebagai Wali Kota Solo beberapa bulan terakhir.

Baca Juga: Gibran Ultah ke 34, Berikut Perjalanan Karir Politik Ayah Jan Ethes

Tapi, dia enggan menyebutkan berapa penghasilannya per bulan sebagai pengusaha dan sebagai Wali Kota Solo. Kendati gajinya tidak sebesar pendapatan sebagai pengusaha, Gibran menyatakan tidak masalah.

Menurut dia hidup tidak semata urusan mencari uang. “Urip kui ora selamanya golek duit [hidup itu tidak selamanya soal mencari uang]. Saya kan di sini [jadi Wali Kota Solo] ora golek duit [tidak mencari uang]. Nek golek duit ya pilih jadi pengusaha wae [kalau cari uang ya pilih menjadi pengusaha saja],” ungkap dia kepada wartawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya