SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto Pasar Beringharjo

Harianjogja.com, JOGJA—Mulai 2014, Metro Beringharjo di bawah Dinas Pengelolaan Pasar Kota Jogja, UPT Pusat Bisnis. Berkonsep Badan Layanan Umum (BLU), lokasi tersebut dikelola lebih profesional.

Kepala Bidang Pengembangan Dinas Pengelolaan Pasar Kota Jogja, Rudi Firdaus mengatakan ketika kali pertama diperkenalkan, Metro Beringharjo dikelola pihak swasta. Setelah berakhirnya perjanjian kerja sama, Metro Beringharjo dikoordinasi UPT Pusat Bisnis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sekarang pengelolaan Metro secara BLU. Ke depan akuntabilitas akan lebih terstruktur, dimulai dengan business plan yang lebih rinci, mengenai anggaran masih menjadi satu dengan Dinas [Pengelolaan Pasar Kota Jogja],” jelasnya kepada Harian Jogja saat ditemui di kantor setempat, Senin (13/1/2014).

Meski terjadi perubahan pengelolaan, Rudi menegaskan tidak terjadi perubahan yang berarti. Perbedaan menyolok yang mungkin terjadi ialah kesigapan Metro Beringharjo di masa depan. Sebab kawasan tersebut akan dikelola semi swasta atau lebih profesional dan mandiri menyesuaikan perubahan yang ada di sekitar.

Mengenai pendapatan, sebelumnya hasil dari retribusi diterima pengelola. Sementara warga Metro Beringharjo mendapat kompensasi bangunan beserta fasilitas penunjang. Dengan peralihan ini, pendapatan sepenuhnya dikelola Dinas Pengelolaan Pasar Kota Jogja.

Soal pembenahan kawasan, Rudi menyebutkan sementara ini tidak aka nada perubahan. Termasuk jumlah pedagang di Metro Beringharjo. “Belum ada pembenahan, supaya tidak ada gejolak. Penambahan dan pengurangan pedagang juga tidak ada,” papar dia.

Dari masa peralihan ini, pengelola baru juga akan melakukan penambahan fasilitas. Sebagai contoh, kata dia, penambahan genset, layout, eskalator hingga penerapan teknologi informasi penunjang.

“Semua akan diberikan secara bertahap. Mengapa dilakukan secara bertahap, karena sekarang pengelolaan bersistem BLU, ada perhitungan untung rugi agar semua lebih terencana dan berjalan lebih baik,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya