SOLOPOS.COM - Pengunjung sedang melihat-lihat cenderamata di salah satu toko aksesoris yang ada di lantai satu Pasar Beringharjo tengah, Jumat (10/1/2014). (JIBI/Harian Jogja/Joko Nugroho)

Harianjogja.com, JOGJA–Cenderamata mungil rupanya makin menjadi idola untuk beberapa acara. Pesanan benda mungil dan unik ini cukup tinggi di beberapa toko cenderamata, Pasar Beringharjo, Jogja.

Salah satu pedagang cenderamata, Wantini mengatakan pemesanan cenderamata berbentuk kecil makin menjadi idola. Pasalnya, bukan masalah harga yang murah namun kenang-kenangan ini lebih praktis untuk dibawa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Mungkin karena praktis saja kalau dibawa. Kebanyakan model boneka kecil yang fungsinya juga untuk alat tulis atau wadah tissu,” kata Wantini pada Harian Jogja, Jumat (10/1/2014).

Wantini menambahkan untuk kipas yang biasanya banyak diminati orang kini banyak permintaan dalam ukuran kecil. “Dulu banyak yang berminat pada ukuran besar. Sekarang pesanan malah untuk mungil-mungil,” jelasnya.

Wantini mengatakan penjualan cenderamata ini terus saja meningkat dari tahun ke tahun. Pasalnya ada juga orang yang membeli untuk dijual kembali atau sebagai buah tangan anak saudara-saudara di rumah.

Namun meskipun untuk oleh-oleh, dia mengaku tidak bisa pembelian dibawah satu lusin. Kadang ada yang ingin membeli setengah lusin juga dirinya belum bisa memberikan. “Kami memang fokus untuk cenderamata, jadi jualnya paket besar saja. Kami menerima pesanan juga. Sebab yang kami pajang di sini seperti etalase saja,” kata Wantini.

Wantini mengaku tidak setiap hari bisa memasarkan produk buatan tangan asal Kabupaten Bantul. Penjualan dari kios per hari tak banyak, hanya beberapa barang, namun pesanan hampir tak pernah jeda.

“Pesanan selalu datang dan bertambah. Setiap hari ada saja pesanan yang masuk. Dan yang dicari adalah cinderamat yang bentuknya kecil-kecil tadi, ada mainan kendang, boneka, tempat tissu hingga kipas dengan ukuran mini,” jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya