SOLOPOS.COM - Winger United, Wilfried Zaha, selangkah lagi menjadi milik Cardiff City. DokJIBI/Solopos/Reuters

Wilfried Zaha. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

MANCHESTER – Manchester United sekali lagi melakukan pembelian terhadap pemain muda potensial. United melakukan penandatangan kali pertamanya di bursa transfer tengah musim, Januari ini, dengan membeli penyerang muda, Wilfried Zaha, dari klub Liga Championship, Crystal Palace, Jumat (25/1/2013).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Meski demikian, Zaha tak akan langsung bergabung bersama United. Striker 20 tahun ini akan dipinjamkan lebih dulu ke Crystal Palace hingga akhir musim nanti. Zaha baru akan bergabung ke Old Trafford pada Juli mendatang.

Kedua klub, baik United maupun Palace, enggan membeberkan secara detail nilai transfer Zaha. Namun, media-media Inggris mengumumkan kesepakatan kontrak Zaha ke United berkisar antara 15 juta poundsterling atau senilai Rp2,2 miliar rupiah.

“Seperti yang kami inginkan, kami menandatangani pemain muda yang berpotensial,” ujar Ferguson dalam sesi jumpa pers dilansir Reuters, Jumat (25/1/2013).

“Kami juga bisa mengembangkan pemain di sini. Itu kami buktikan berkali-kali. Semoga pemuda itu akan menikamti kehadirannya di sini, saat dia resmi bergabung musim panas nanti,” imbuhnya.

Ferguson memang terkenal gemar membeli pemain muda, lalu meminjamkannya ke klub lain untuk mencari pengalaman.

Salah satu contoh, adalah kasus yang dialami striker 21 tahun Federico Macheda. Penyerang Italia ini tiba ke Old Trafford sejak 2008 lalu dan telah menghabiskan pengalaman bermain untuk beberapa klub di luar United.

Mancheda pernah dipinjamkan ke Sampdoria, Queens Park Ranger dan terbaru, mulai pekan ini ia dipnjamkan ke klub Bundesliga Jerman, VfB Stuttgart.

Sementara, sebelum dipinang United, Zaha memang memberikan penampilan yang cukup cemerlang bersama Palace. Pemain keturunan Pantai Gading ini bahkan dikabarkan juga diminati Arsenal, sebelum rumor itu dibantah Arsene Wenger.

Kedatangan Zaha di Old Trafford bisa menjadi ancaman bagi para pemain sayap United, terutama winger asal Portugal, Nani, yang mulai susah mendapatkan tempat di tim utama. Selain Nani, kehadiran Zaha juga akan menjadi ancaman bagi posisi para pemain senior seperti Ashley Young, Antonio Valencia, Shinji Kagawa dan Ryan Giggs.

Kendati demikian, Zaha tak ingin berpikir ke arah itu dulu. Ia ingin fokus membantu Palace promosi dengan mengirim ke posisi empat besar Liga Championship.

“Saya senang bergabung dengan Manchester United dan mengakhiri spekulasi yang beredar,” ujar Zaha dilansir situs resmi Palace.

“Saya ingin berterima kasih pada pemilik Palace yang membuat kepindahanku memungkinkan. Bagaimana pun juga fokus untuk lima bulan ke depan, adalah semata-mata demi Palace,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya