SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA — Tak diragukan lagi manfaat besar air susu ibu (ASI) untuk perkembangan anak. Terbaru, peneliti dari Brown University yang dilansir medindia.net menunjukkan dari penelitian menggunakan alat diagnosik magnetic resonance imaging (MRI) terlihat ada perkembangan otak bayi yang mengkonsumsi ASI.

Dari penelitian itu, bayi berusia 2 tahun yang mendapat ASI eksklusif sedikitnya tiga bulan, memiliki perkembangan otak yang lebih baik dibandingkan bayi yang memeroleh susu formula.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Waktu 3 bulan pertama di usia bayi menjadi masa emas pertumbuhan dan perkembangan otak manusia. Pertumbuhan otak ekstra pada bayi yang mendapat ASI eksklusif paling banyak pada bagian otak (saraf) yang terkait dengan fungsi bicara, emosi, kognitif.

Ini bukanlah penelitian pertama yang merekomendasikan bahwa ASI eksklusif membantu pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Penelitian perilaku terkait ASI ekslusif yang sebelumnya telah dilakukan membuktikan bahwa kognitif orang dewasa lebih baik pada orang yang mendapat ASI saat bayi dibanding orang yang tak mendapat ASI. Namun, ini menjadi penelitian pertama yang menggunakan MRI untuk melihat perbedaan pertumbuhan otak pada kelompok orang sangat muda, dan bayi sehat, menurut Sean Deoni, asisten profesor di Brown University.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya