SOLOPOS.COM - Mobile Premier League (MPL). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Kamu suka banget main game online? Aplikasi MPL cocok untuk kamu coba dan dapatkan kesempatan menjadi atlet e-sport.

Dengan main game online di MPL, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat berupa pengalaman yang menarik. Selain itu, main game di MPL juga bisa membuat kamu punya kesempatan untung dengan cara yang menyenangkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Apa itu MPL?

Mobile Premier League (MPL) merupakan sebuah aplikasi yang berisi berbagai macam game online. Indonesia menjadi negara terbanyak se-Asia Tenggara yang aktif menggunakan aplikasi ini.

MPL Indonesia telah beroperasi sejak April 2019 dan berhasil mendapat lebih dari 5 juta pengguna. Selain itu, MPL Indonesia juga memberikan peluang buat kamu yang ingin menjadi atlet e-sport sesungguhnya.

Terdapat dua jenis game online di MPL yang harus kamu eksplor. Pertama, yaitu casual game yang terdiri atas permainan memotong buah, Fruit Dart, Fruit Chop, Bubble Shooter, Speed Chess, Pool, Runner No.1 , dan puluhan game lainnya.

Keuntungan Jadi Atlet E-Sport di MPL

Sebelum mengetahui cara menjadi atlet e-sport di MPL, kamu perlu tahu keuntungan yang bisa didapatkan melalui platform ini.

Baca Juga: Tak Lagi Dipandang Sebelah Mata, Anak Bisa Berprestasi Lewat Esport

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan bila mau fokus menekuni menjadi atlet e-sport di MPL. Berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan:

1. Mendapat Keuntungan dengan Cara Seru

Saat ini, game online menjadi salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan dengan hanya bermodalkan gadget. Apabila kamu punya hobi main game online sebaiknya jangan sepelekan potensimu.

Nantinya pemenang di MPL akan mendapatkan Berlian Kemenangan yang bisa ditarik melalui aplikasi Gopay atau LinkAja. Apabila bermain secara rutin, total hadiah kamu dapatkan bisa semakin banyak.

Dengan hadiah Berlian Kemenangan tersebut, kamu bisa menggunakannya untuk membeli pulsa, paket internet, dan lain-lain.

2. Mendapat Popularitas Sebagai Atlet E-Sports

Menjadi atlet e-sport saat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi peminat game online. Apalagi saat kamu telah berhasil mendapatkan banyak kemenangan. Pasti namamu akan semakin terkenal di kalangan atlet e-sport yang lain.

Selain itu, kamu juga akan ditandai sebagai salah satu pesaing berat atlet-atlet yang lain. Saat sudah cukup populer karena prestasi yang telah diraih, namamu akan dipertimbangkan di kancah nasional sehingga akan banyak sponsor yang melirikmu.

3. Mengasah Kemampuan

Pada proses mengasah kemampuan, kamu akan bertemu dengan berbagai macam pemain. Saat bertemu lawan yang berbeda-beda kemampuanmu akan berkembang.

Oleh karena itu, dengan banyak mengasah kemampuan akan membuat kamu semakin jago dan mudah untuk memenangkan pertandingan yang lain.

4. Memiliki Relasi dengan Sesama Atlet E-Sport

Saat bergabung dengan MPL, pastinya kamu akan mendapat banyak relasi yang memiliki hobi serupa dalam bermain game online. Jadi, manfaatkan keuntungan ini agar dapat berbagi tips dan trik dengan mereka.

Tips dan trik dari pemain lain bisa dijadikan sebagai bekal untuk memenangkan sebuah turnamen agar mendapatkan lebih banyak Berlian Kemenangan.

Cara Memainkan Game Online di MPL

Setelah kamu tahu berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dari bermain game di MPL, ketahui juga cara mengoperasikannya.

Baca Juga: Pengurus Esports Kota Solo Sowan Wali Kota Gibran, Ini yang Dibahas

Ternyata, bermain game online di MPL itu gampang banget, lho! Perhatikan langkah-langkah di bawah ini supaya bisa jadi atlet e-sport. Dengan mengikuti cara ini, kamu tidak akan salah langkah sehingga proses pertamamu akan lancar. Berikut caranya:

1. Download Aplikasi

Langkah awal yang harus kamu lakukan untuk menjadi atlet e-sport di MPL yaitu dengan meng-download aplikasinya terlebih dahulu.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal membuka browser lalu ketik alamat Id.mpl.live maka kamu akan diarahkan menuju halaman download aplikasi.

Pastikan ketersediaan ruang yang cukup pada gadget agar proses download tersebut bisa berjalan optimal.

2. Daftar Menjadi Member Baru

Setelah aplikasi berhasil di-download dan terpasang di gadget, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah mendaftar menjadi member baru.

Tanpa mendaftar, kamu tidak akan pernah bisa memainkan berbagai game dan tidak punya kesempatan mendapatkan hadiah yang melimpah.

Cara awal untuk mendaftar ialah dengan membuka aplikasi yang baru kamu download itu. Lalu klik menu ‘Daftar’ di halaman pertama aplikasi MPL.

3. Masukkan Nomor Telepon

Setelah itu kamu akan diminta untuk mengisi nomor telepon pada sebuah kolom yang tersedia pada menu pendaftaran. Kamu harus memasukkan nomor telepon yang masih aktif. Nantinya penyedia aplikasi akan mengirimkan kode OTP pada nomor tersebut melalui SMS.

Kode OTP itu akan menjadi bukti bahwa nomor telepon yang kamu daftarkan asli milikmu.

Lalu pindahkan kode OTP dari SMS yang kamu terima ke aplikasi MPL. Selesai! Kamu sudah berhasil menjadi member resmi MPL yang baru dan bisa mulai memainkan berbagai game online yang menyenangkan.

4. Pilih Jenis Game

Dalam aplikasi MPL kamu harus memilih dua jenis permainan yaitu casual game dan fantasy game. Jenis casual game berisi permainan yang mengarah pada ketangkasan jari dan otak. Jadi, jenis permainan ini akan menuntutmu memiliki respons cepat agar bisa menang.

Lalu jenis game fantasy akan menuntunmu mengasah kemampuan otak untuk meningkatkan analisismu. Hal itu terjadi karena pada jenis ini, kamu akan mengatur tim dalam sebuah pertandingan.

Baca Juga: Potensi Industri Esport Cerah, Kemenparekraf Siap Dukung Berbagai Event

Pilihlah jenis game yang ingin kamu mainkan dan menangkan sebanyak-banyaknya agar mendapat tambahan Berlian Kemenangan.



5. Menukarkan Berlian Kemenangan

Untuk pemula, pilihlah mode permainan battle sebagai cara untuk berlatih. Mode permainan itu akan membuatmu melawan satu orang dalam jenis game yang dipilih.

Saat kamu berhasil memenangkannya, peluangmu untuk mendapatkan Berlian Kemenangan menjadi besar. Lalu kamu akan mendapatkan saldo yang bisa diambil melalui Gopay atau LinkAja setelah kamu tukarkan Berlian Kemenangan.

Caranya dengan mengetuk icon wallet supaya kamu bisa menukarkannya menjadi saldo.

Satu Berlian Kemenangan dapat ditukarkan dengan uang 200 rupiah. Khusus pengambilan melalui aplikasi LinkAja kamu akan dikenakan potongan sebesar 2%.

Cara Jadi Atlet Esport Sukses di MPL

MPL bisa menjadi salah satu pilihan untuk menekuni dunia e-sport. Selain punya banyak keunggulan, bermain game online di MPL ternyata juga cukup mudah dilakukan.

Hal itu membuat semua orang punya kesempatan yang sama untuk menjadi atlet e-sport. Berikut cara yang wajib diketahui agar menjadi atlet e-sport sukses di MPL.

1. Perangkat yang Memadai

Seorang atlet e-sport wajib memiliki perangkat yang memadai untuk digunakan bermain game online. Perangkat tersebut dapat berupa smartphone atau juga laptop.

Langkah awal yang perlu kamu perhatikan yaitu persiapkan terlebih dahulu perangkat yang akan dipakai. Pastikan perangkat yang digunakan minimal RAM 2GB untuk bermain game online melalui aplikasi MPL.

Perangkat yang memadai merupakan suatu hal penting dan wajib dimiliki. Apabila kamu memiliki perangkat yang spesifikasinya tepat, maka akan mendukung kemampuanmu dalam bermain.



Tentu saja hal itu dapat membantumu untuk dapat bermain tanpa gangguan, sehingga akan cepat berkembang.

2. Fokus Satu Genre Game

Ada banyak jenis game yang bisa kamu pilih dalam aplikasi MPL Indonesia. Semua permainannya menyajikan tingkat kesulitan masing-masing dan semua orang punya kesempatan untuk memenangkannya.

Namun, apabila kamu ingin menjadi atlet e-sport yang sukses dibutuhkan keahlian yang berkualitas untuk memenangkannya. Untuk mencapai kualitas dan kemampuan yang diinginkan, kuncinya fokuslah pada satu game terlebih dahulu.

Baca Juga: Wow, Industri Game Lokal Justru Menanjak di Masa Pandemi Covid-19

Apabila diterapkan dalam aplikasi MPL, fokuslah untuk bermain satu game hingga kamu benar-benar bisa menguasainya. Apabila kamu sudah menguasainya, maka peluang untuk menang akan lebih mudah.

3. Prioritaskan Berlatih

Cara selanjutnya agar bisa menjadi atlet e-sport yang sukses yaitu sering-sering berlatih. Gunakan setiap waktu senggangmu untuk berlatih. Apabila kamu ingin menjadi atlet e-sport yang profesional, tentu kamu harus meluangkan waktu untuk terus mengembangkan kemampuan.

Dengan berlatih sesering mungkin, tentu dapat membuat kemampuanmu berkembang dan akan membuatmu semakin paham medan dari masing-masing permainan.

4. Melatih Strategi

Pengetahuan strategi merupakan hal mutlak yang harus dimiliki oleh seorang atlet e-sport, termasuk yang tergabung dalam MPL. Dari dua jenis game yaitu casual dan fantasy di MPL, kamu bisa memilih permainan yang sesuai dengan kesukaanmu.

Pemilihan permainan sangat penting karena dapat menentukan prosesmu untuk belajar dengan nyaman.



Hal itulah yang akan membuat pengetahuan strategi menjadi berkembang dengan cepat, sehingga akan membantumu memperoleh kemenangan.

Semakin banyak strategi yang kamu kuasai akan memperbesar peluang mendapatkan banyak Berlian Kemenangan.

5. Ikut Turnamen

Seorang atlet e-sport yang sukses merupakan hasil dari kegagalan berkali-kali. Apabila merasa cukup dengan kemampuanmu saat berlatih, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu mengikuti turnamen.

Saat mengikuti turnamen itulah skill yang kamu miliki benar-benar diuji oleh lawan-lawan yang tangguh.

Mantapkan dirimu untuk memilih jenis turnamen yang ada dengan sistem yang kamu sukai agar peluang mendapatkan berlian semakin terbuka.

Akan tetapi, saat mengikuti turnamen kamu harus mengeluarkan beberapa berlianmu sebagai syarat registrasi. Meskipun mengeluarkan berlian untuk mengikuti turnamen tersebut, namun hal ini cukup setimpal dengan yang akan kamu dapatkan diantaranya hadiah dan peningkatan kemampuan.

6. Gabung Komunitas

Langkah terakhir agar kamu bisa menjadi atlet e-sport yang sukses melalui MPL dengan cara bergabung dengan komunitas. Kamu akan mendapatkan banyak manfaat ketika bergabung dengan komunitas-komunitas MPL yang ada.

Bergabung dengan komunitas berfungsi sebagai wadah untuk saling bertukar informasi mengenai turnamen dan berbagi tips untuk memenangkannya.

Peluangmu memenangkan sebuah turnamen akan semakin besar apabila bergabung dengan komunitas yang ada.



Baca Juga: Kunjungi Markas Tim E-Sport EVOS, Kemenpora Dibikin Takjub

Agar bisa bergabung dengan komunitas, kamu bisa mencarinya dalam sebuah turnamen tertentu dan juga melalui media sosial. Dua cara itulah dapat mempermudah untuk mendapat teman.

Selain mendapatkan manfaat berupa bertambahnya skill, kamu juga punya peluang untuk menyelenggarakan turnamen dengan teman-teman komunitas.

Nah, setelah mengetahui keuntungan apabila menjadi atlet e-sport di MPL, langkah selanjutnya bisa akses ke id.mpl.live untuk informasi lebih lanjut. MPL Indonesia sangat menantikan kamu sebagai atlet e-sport selanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya