SOLOPOS.COM - Motor matik. (Astramotor.co.id)

Solopos.com, SOLO — Pengguna motor matik ada yang pernah mengalami motor matik mati mendadak saat di jalan atau saat tuas gas dilepas?

Kejadian ini tentu merepotkan jika pas di jalan dan membahayakan jika saat menyalip kendaraan lain di tengah keramaian jalan raya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Memang motor matik saat ini banyak penggemarnya, sehingga cukup banyak tipe dan jenis motor matik di pasar otomotif. Seperti Honda Beat, Scoopy, Genio, atau lainnya.

Lalu apa sebenarnya penyebab motor matik mati mendadak dan tidak bisa di starter? Berikut sejumlah penyebabnya yang dikutip Solopos.com dari Astramotor.co.id

Mesin overheat

Penyebab pertama bisa karena kondisi mesin yang panas atau overheat mengakibatkan motor matik bisa mati mendadak. Penyebab mesin mengalami overheat diantaranya adalah tersumbatnya aliran sirkulasi oli di dalam mesin.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Listrik Yang Resmi di Indonesia, Pilih Yang Mana

Karburator terkena air

Karburator berfungsi sebagai pencampur udara dan bahan bakar untuk diteruskan ke ruang bakar. Ketika ada air di dalamnya akan berakibat pembakaran terganggu sehingga mesin motor matic mati mendadak.

Penggunaan bensin yang salah

Kondisi bahan bakar yang memiliki oktan tidak sesuai dengan rasio kompresi terkadang membuat mesin motor mengalami penyumbatan pada bagian klep atau selang menuju ke karburator atau injeksi.

Komponen pengapian mati

Penyebab lainnya yang membuat mesin motor matik tiba-tiba mati adalah komponen pengapian yang mati. Apabila terjadi hal seperti ini, otomatis mesin motor tidak bisa dihidupkan.

Tutup tangki tertutup

Saat kondisi ventilator pada tutup tangki tertutup, hal itu akan menyebabkan aliran bahan bakar ke karburator motor menjadi tidak lancar. Sehingga pembakaran tidak terjadi dengan sempurna.

Baca juga: Apa Benar, Charge Smartphone di Sepeda Motor Bikin Aki Lemah

Setingan salah

Penyebab motor matik mati mendadak bisa jadi karena setingan bahan bakar yang salah pada bagian karburator atau injeksi. Apabila setingan tersebut dibiarkan, motor sering mogok.

Filter udara kotor

Terakhir, penyebab motor matik mati mendadak adalah filter udara yang kotor, sehingga tarikan gas lebih berat dan mesin motor akan mudah mati.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya