[x] close
Motor, Kulkas, Hingga Sepeda, Puluhan Hadiah Dibagikan Pada Undian PBB Solo
Solopos.com|soloraya

Motor, Kulkas, Hingga Sepeda, Puluhan Hadiah Dibagikan Pada Undian PBB Solo

Pemkot Solo menggelar undian hadiah kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan atau PBB berhadiah sepeda motor, kulkas, sepeda dan lain-lain.

Solopos.com, SOLO -- Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota Solo menggelar undian tahap pertama pembayaran Pajak Bumi Bangunan atau PBB 2021, Kamis (15/4/2021).

Sebanyak 20 hadiah dibagikan, meliputi lima sepeda motor, lima lemari es atau kulkas, lima sepeda gunung, dan lima LED TV, dibagikan kepada 20 pemenang dari lima wilayah kecamatan. Undian diikuti 37.525 wajib pajak yang telah membayar PBB 2021 hingga 31 Maret.

Kepala BPPKAD Kota Solo, Yosca Herman Soedradjad, mengatakan hadiah itu merupakan wujud apresiasi kedisiplinan wajib pajak dalam melunasi kewajiban mereka.

Baca Juga: Tes GeNose di Terminal Tirtonadi Solo Cuma Sampai Pukul 10.00 WIB Selama Ramadan, Kenapa?

Kendati masih dalam masa Pandemi Covid-19, animo masyarakat untuk membayar PBB masih tinggi. “Ini adalah penghargaan kepada warga atas kesediaan mereka melunasi pajak sedini mungkin,” katanya kepada wartawan seusai acara undian PBB Solo, Kamis.

Pembayaran tersebut mendorong capaian positif pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak. Dari target PBB sebesar Rp73 miliar pada tahun ini, per 31 Maret sudah terkumpul Rp15,22 miliar atau sekitar 20%.

Pencapaian itu melebihi target senilai Rp11 miliar pada Januari-Maret. “Artinya, perolehan pembayaran PBB selama triwulan pertama 2021 sudah melampaui ekspektasi,” ucap Herman.

Baca Juga: Kisruh Lahan Parkir Solo Balapan: Warga Bertahan, Dirut PT KAI Temui Wali Kota

9 Pajak Daerah

Undian PBB dengan reward serupa pada tahap kedua bakal dilakukan pada triwulan terakhir 2021 di Solo. Diharapkan upaya tersebut bisa mendongkrak realisasi pembayaran sembilan pajak daerah yang berkisar Rp300 miliar demi menunjang program-program Pemkot Solo.

“Selama Pandemi Covid-19 ini, pembayaran pajak yang paling terdampak adalah dari hotel dan restoran yang sampai anjlok 40%. Mereka menunggak sehingga Pemkot juga memberi keringanan,” paparnya.

Sementara itu, undian hadiah PBB tersebut disiarkan langsung melalui videotron di Kota Solo dan akun media sosial milik BPPKAD. Adapun seremonial undian berlangsung disertai penerapan protokol kesehatan serta dihadiri tamu undangan dalam jumlah terbatas.

Baca Juga: Evaluasi PTM, Komisi IV DPRD Solo Ungkap Banyak Siswa Malas Belajar Di Sekolah

Tamu itu antara lain Wali Kota Gibran Rakabuming Raka, Wakil Wali Kota (Wawali) Teguh Prakosa, Sekretaris Daerah (Sekda) Ahyani, camat serta perwakilan bank mitra pembayaran PBB.

Wali Kota mengapresiasi perolehan pembayaran pajak daerah yang telah melampaui target awal. Ia berharap pembayaran pajak dan retribusi daerah yang selama ini menopang PAD bisa lebih optimal.

“Kami menyampaikan terima kasih atas kesediaan warga Solo dalam membayar pajak tepat waktu. Sekali lagi kita masih dalam masa pandemi dan adanya acara ini menunjukkan bahwa masyarakat tetap taat pajak,” ucapnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago