SOLOPOS.COM - Foto udara sejumlah pekerja mengerjakan pengaspalan ulang tikungan ke-17 lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (5/3/2022). (Antara/Ahmad Subaidi)

Solopos.com, MATARAM — MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia siap digelar di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, 18-20 Maret 2022 mendatang.

Berbagai produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bakal ditampilkan selama ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika, salah satunya ayam taliwang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sudah sepenuhnya siap dan hanya menunggu waktu dalam penyelenggaraannya,” kata Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto dalam keterangan tertulis diterima wartawan di Mataram, Kamis (10/3/2022).

Baca Juga: Kedatangan Logistik MotoGP Mandalika di Bandara Lombok

Ekspedisi Mudik 2024

Hadi mengapresiasi kepada Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah serta seluruh stakeholders yang terlibat dalam persiapan MotoGP di Sirkuit Mandalika hingga segala aspek sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

“Terima kasih kepada Pemda NTB dan seluruh stakeholders karena hingga saat ini beberapa aspek telah tercapai sesuai dengan target,” ujarnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Mantan Panglima TNI itu menyatakan, sesuai dengan arahan Presiden, infrastruktur khususnya jalan bypass menuju Sirkuit Mandalika harus terlihat hijau dan indah. Hal ini telah dilaksanakan dan ia berharap masyarakat tidak hanya menikmati namun harus tetap dijaga keindahannya.

Untuk aspek akomodasi sudah siap untuk menampung sesuai target yaitu 60.000 pengunjung dan untuk transportasi pemda dengan seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) telah menyiapkan shuttle bus di sekitar kawasan Sirkuit Mandalika untuk melayani penonton.

Baca Juga: Ludes, Tiket MotoGP 2022 Mandalika di Tiketapasaja.com Terjual Habis

“Akomodasi tidak perlu takut, kita siap menampung 60.000 pengunjung begitu juga dengan transportasi kita menyiapkan shuttle bus untuk melayani penonton di area sirkuit mandalika,” ucapnya.

Selain itu, yang tidak kalah penting menurut Hadi Tjahjanto, dari aspek kesehatan, Provinsi NTB untuk kasus positif Covid-19 masih rendah dengan positive rete per hari mencapai 1,55 persen.

“Dengan positive rate sebesar ini, kita bisa melaksanakan kegiatan MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022. Tentunya dengan prokes yang ketat tetap kami lakukan,” tegas Hadi.

Sementara itu, dalam aspek keamanan gabungan TNI dan Polri telah menurunkan personel sebanyak 2.700 personil untuk mengamankan dan menyukseskan event internasional tersebut. Nantinya personel sebanyak ini akan menjaga di sembilan titik masuk kawasan Sirkuit Mandalika.

“Pak Kapolda dan Pak Danrem akan selalu protect apabila terjadi gangguan dan ancaman. Tidak lupa kolaborasi dengan seluruh stakeholders juga diperlukan demi keberhasilan MotoGP kali ini,” ujarnya.

Baca Juga: Padi Reborn Tampil di Mandalika, Warganet: Marquez Jadi Sobat Padi

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk promosi produk-produk UMKM khususnya UMKM lokal di daerah NTB.

“Ajang MotoGP kali ini merupakan momentum yang tepat untuk memperkenalkan berbagai macam UMKM lokal salah satunya ayam taliwang. Ini momentum ayam taliwang dapat mendunia,” ucap Hadi.

Kapolda NTB Irjen Pol Djoko Poerwanto menyatakan telah melakukan beberapa persiapan demi mensukseskan MotoGP. Mulai dari meningkatkan jumlah vaksinasi dan akan mengadakan patroli bersama dengan seluruh stakeholders untuk melihat kekurangan persiapan event ini.

“Dengan hanya menghitung hari saya yakin kita bisa dan berhasil menggelar event internasional MotoGP Tahun 2022,” katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya