top ear
MOTOGP BELANDA 2015 : Pole Perdana The Doctor
  • SOLOPOS.COM

MOTOGP BELANDA 2015 : Pole Perdana The Doctor

Diterbitkan Sabtu, 27/06/2015 - 01:25 WIB
oleh Solopos.com/
2 mnt baca -

MotoGP Belanda 2015 menjadi milik Valentino Rossi di garis start. Ini menjadi pole perdana The Doctor

Solopos.com, ASSEN— Sasis anyar yang dipakai Valentino Rossi dalam seri kedelapan MotoGP di GP Belanda 2015, Sirkuit Assen, membawa berkah. Setelah menguasai latihan bebas sesi pertama dan ketiga, Kamis (25/6/2015), pembalap Yamaha ini sukses merebut pole position dalam kualifikasi kedua yang digelar, Jumat (26/6/2015).

Pembalap berjuluk The Doctor ini bakal mengawali duel sengit di sirkuit berjuluk The Cathedral di baris terdepan, Sabtu (27/6/2015). Juara dunia tujuh kali ini mencatatkan waktu tercepat di menit-menit terakhir sebelum kualifikasi sesi kedua rampung. Ia menggeser pembalap Honda, Marc Marquez dan jagoan Suzuki, Aleix Espargaro, dengan membukukan waktu tercepat 1menit 32,627 detik.

Ini merupakan pole position pertama bagi Rossi di musim ini. Hasil apik tersebut membikin pembalap Italia itu kian optimistis membidik kemenangan di Assen untuk kali ketujuh di era MotoGP. Kali terakhir Rossi menyabet podium utama di Cathedral adalah musim 2013.

“Start seperti ini sangatlah penting. Saya merasa melakukan setting motor yang tepat dari kemarin. Saya ingin lebih banyak start terdepan. Bisa merebut pole adalah hal spesial,” papar Rossi, dilansir MotoGP.

Sementara itu, Aleix harus kecewa karena nyaris merebut pole sebelum digeser Rossi. Aleix sempat keluar sebagai pembalap tercepat dalam kualifikasi sesi pertama. Meskipun demikian, jagoan Suzuki ini berhasil melanjutkan tren positif start di baris depan di GP Catalunya, dua pekan lalu, dengan membalap dari posisi kedua di Assen.

Pembalap Spanyol ini membukukan waktu tercepat 1menit 32,858 detik atau selisih 0,231 detik dari Rossi. Aleix gagal mengulang sukses besar di Cathedral musim lalu yang berhasil start dari urutan terdepan. Meskipun demikian, ia mampu finis dengan baik di peringkat keempat saat masih berseragam NGM Mobile Forward Racing Yamaha.

“Lap terakhir tak dapat dipercaya. Di setiap tikungan saya nyaris jatuh. Anda bisa melihat seberapa tinggi level balapan ini. Anda tak boleh melakukan kesalahan apa pun. Saya senang kami bisa meningkat,” kata Aleix.

Marquez yang menggunakan sasis motor lama musim lalu start ketiga. Setelah menguasai latihan bebas sesi keempat, ia sempat menjadi yang tercepat dalam kualifikasi sesi kedua sebelum digeser Aleix dan Rossi. Sayang, Jorge Lorenzo terjebak dengan start kedelapan. Sedangkan Pedrosa membuntuti Marquez di urutan keempat. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Pembalap Yamaha Rossi (tengah) bersama Espargaro dan Marquez start terdepan. JIBI/Rtr/Ronald Fleurba

Pembalap Yamaha Rossi (tengah) bersama Espargaro dan Marquez start terdepan. JIBI/Rtr/Ronald Fleurba


Editor : Avatar ,
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terpopuler

Iklan Baris

berita terkini


Cek Berita Lainnya