SOLOPOS.COM - Marc Marquez (REUTERS)

Motogp 2017 diwarnai dengan kemenangan Marc Marquez di GP Ceko.

Solopos.com, MASARYK — Dominasi pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, di Grand Prix (GP) Rep. Cheska di Sirkuit Brno, Minggu (6/8/2017), membuatnya nyaman di puncak klasemen sementara pembalap. Strategi pit stop menjadi kunci kemenangan Marquez.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ini merupakan kemenangan kali ketiga pembalap berjuluk Baby Alien tersebut di Sirkuit Brno.  Keberhasilan Marquez menaiki podium utama tak lepas dari strategi jitu masuk ke pit stop paling awal dibandingkan para rival.

Ekspedisi Mudik 2024

Marquez yang meraih pole tampil dominan hampir di sepanjang balapan. Dia unggul jauh atas pesaing terdekatnya sekaligus rekan satu timnya, Dani Pedrosa, hingga 12,438 detik. Sementara dua posisi selanjutnya ditempati dua pembalap Yamaha, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi.

Marquez pun memimpin perebutan juara dunia musim ini. Dia berada di puncak klasemen sementara pembalap dengan keunggulan 14 poin dari Vinales yang menguntit di urutan kedua. “Perebutan juara dunia akan panjang dan berat namun 25 poin ini sangat penting,” jelas Marquez, seperti dilansir Reuters.

Dua puluh tiga pembalap memilih menggunakan ban basah saat start. Namun, cuaca yang cerah membuat mereka masuk ke pit stop untuk mengganti motor ban basah masing-masing dengan motor ban kering.

Marquez yang awalnya menggunakan ban basah lunak sempat kehilangan posisi terdepan yang dicuri pembalap Ducati, Jorge Lorenzo, pada tikungan kelima pada lap pertama. Namun, dengan sigap dia memilih mengganti motor dengan ban kering pada lap kedua. Keputusan Marquez berbuah manis hingga mampu mendominasi pada sisa balapan.

Vinales yang menempati podium ketiga di belakang duo Honda menilai masalah pergantian ban memang menentukan di GP Brno kali ini. “Pada lap pertama sangat sulit untuk membuat ban bisa bekerja. Kami melakukan tugas dengan baik dan setelah pekan yang berat, bisa berada di podium  merupakan hasil yang bagus,” jelas Vinales.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya