SOLOPOS.COM - Model meragakan busana muslim karya 11 desainer Ikatan Perancang Busana Surakarta (Ikapersata) yang terlibat dalam Moslem Fashion Fiesta 2014 di Atrium Solo Paragon Lifestyle Mall, Solo, Jawa Tengah, Senin (14/7/2014) malam. Ke-11 desainer itu terdiri atas Robin Karebet, Riani, Titi Meinawati, Owen Joe, Joko Widiarto, Uzy Fauziah, Rory Wardana, Astuti K. Rizma, Djongko Rahardjo, Andreas Harris, dan Ucok Sirait, menampilkan rancangan sesuai ekspresi masing-masing. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Bagi sebagian masyarakat tampil penuh gaya di hari istimewa sudah menjadi tradisi yang wajib dilakoni menyambut Lebaran. Menjelang Idul Fitri 1435 H atau Lebaran 2014 yang tinggal menghitung hari, 11 desainer yang tergabung dalam Ikatan Perancang Busana Surakarta (Ikapersata), memamerkan koleksi mereka dalam parade busana Moslem Fashion Fiesta 2014 di Atrium Solo Paragon Lifestyle Mall, Solo, Senin (14/7/2014) malam.

Desainer yang terdiri atas Robin Karebet, Riani, Titi Meinawati, Owen Joe, Joko Widiarto, Uzy Fauziah, Rory Wardana, Astuti K. Rizma, Djongko Rahardjo, Andreas Harris, dan Ucok Sirait, menampilkan rancangan sesuai ekspresi masing-masing.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Enam koleksi Riani bertajuk Dewani menjadi presentasi awal yang memukau pengunjung malam itu. Tampil dengan batik gotik bernuansa hitam andalannya, desainer yang kini bermukim di Jogja ini dengan kreativitasnya bisa luwes memadukan potongan busana harajuku dan teknik origami yang tak lekang oleh waktu.

Penyuka koleksi dinamis pasti kepincut melihat setelan rok lilit di bawah lutut yang dipadukan dengan rompi berbahan batik klasik katun ini. Untuk melengkapi penampilan khas muslimah, Riani memberikan kaus lengan panjang pas badan, jilbab, dan sepatu boots selutut berwarna hitam. Sebagai sentuhan akhir, model mengenakan aksesori topi pet berwarna cokelat dan kalung wayang.

“Dewani itu artinya ketulusan. Harapanku yang mengenakan pakaian ini bisa memancarkan ketulusan. Semoga ide desain ini bisa menginspirasi perempuan berjilbab agar lebih suka dengan batik,” kata Riani, menjelaskan rancangannya.

Selepas disuguhi koleksi batik berwarna klasik, giliran desainer Titi Meinawati membawa enam koleksi penuh warna-warni di catwalk. Desainer muda asli Solo ini menampilkan rancangan dinamis berupa setelan yang eksentrik.

Celana batik berpotongan jodhpur dengan bahan batik katun berwarna oranye disandingkan dengan blazer batik flora dengan aksen lipit di bagian dada berwarna ungu. Kombinasi material batik tabrak motif ala Titi makin nyentrik dengan aksesori topi fedora.

Berbeda dari gaya dinamis dua desainer sebelumnya, desainer Rory Wardana memilih menampilkan gaun kebaya mewah berbahan lace Prancis, satin sutra, hingga satin bridal berwarna metalik yang mewah. “Tema rancangan kali ini winter romance. Warna lembut sedang ngetren belakangan ini. Karakternya kuat dan tidak ada kesan seksi sama sekali dalam rancangan saya kali ini,” jelasnya.

Sementara itu, desainer Djongko Rahardjo menghadirkan enam gaun sifon dengan warna lembut nan romantis. Tengok saja salah satu rancangannya yang menampilkan terusan sifon longgar berwarna merah muda. Meskipun terkesan simpel, namun Djongko dengan cermat memberikan detail lengan empire asimetri dan permainan aksesori kain lace berwarna metalik yang disematkan di ujung lengan dan bagian bawah gaun.

Ketua Ikapersata, Djongko Rahardjo, mengatakan parade busana yang ditampilkan malam itu menampilkan sisi lain rancangan keseharian desainer. “Biasanya kami membuat baju-baju yang umum, pada kesempatan kali ini kami spesial membuat busana muslim. Seperti inilah Ramadan dan Lebaran ala Ikapersata,” jelas Djongko, saat berbincang dengan Espos, selepas acara.

Menurut desainer senior Kota Bengawan ini tren menyambut Lebaran tahun ini cenderung simpel dan makin variatif. “Trennya kali ini enggak ada batasan. Tapi sepertinya publik sudah lelah dengan yang ribet-ribet. Kecenderungannya lebih suka dengan bahan yang nyaman. Momentum Lebaran ini saatnya menampilkan gaya sesuai imajinasi,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya