SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo Melengkapi tuwuhan dan pasang bleketepe di Kediamannya, Solo, Jumat (9/12/2022). (Solopos.com/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO–Sejumlah menteri hadir mengikuti tradisi siraman calon manten Kaesang Pangarep dimulai di kediaman Presiden Jokowi, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Kamis (9/12/2022).

Pantauan Solopos.com, sejumlah menteri itu, antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md bersama istri, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan beserta istri.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Selanjutnya ada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama suami, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto bersama istri.

Para menteri serta pasangan mengenakan beskap serta kebaya dengan jarit. Mereka berdiri melihat Presiden Jokowi. Mereka melihat prosesi awal siraman, yakni melengkapi tuwuhan berupa pisang di kanan dan kiri pintu masuk rumah.

Prosesi selanjutnya memasang bleketepe/daun kelapa. Ibu Iriana menyerahkan janur kepada Presiden Jokowi yang menaiki tangga kecil. Lalu Presiden Jokowi turun lalu membuka selubung dari tuwuhan.

Baca Juga: Momen Cucu Presiden Jokowi Mengikuti Siraman Kaesang

Kemudian tuwuhan dilengkapi dengan cengkir gading serta padi. Selanjutnya masuk ke rumah. Kemudian Kaesang sungkem kepada bapak dan ibunya memohon doa restu dengan diiringi rerepen Dandhang gula tlutur slendro miring.

Selanjutnya Jokowi serta Iriana membimbing Kaesang ke tempat siraman. ada penerimaan tujuh  sumber mata air dari calon pengantin putri yang diterima kakak Kaesang,  Gibran Rakabuming Raka.

Jokowi dan Iriana mencampur air itu dengan air milik keluarga calon temanten putri. Menurut informasi yang diterima Solopos.com air yang dicampur bersumber dari, antara lain Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Pura Mangkunegaran, Masjid Agung Solo,  Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor, dan kediaman di Kota Solo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya