SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (kiri) melihat Rumah Pengasingan Bung Karno di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (1/6/2022). (Laily Rachev-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Solopos.com, ENDEPresiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Iriana Joko Widodo berkunjung ke Rumah Pengasingan Bung Karno di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (1/6/2022). Kunjungan itu bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila1 Juni.

Rumah Pengasingan Bung Karno di Kabupaten Ende merupakan salah satu tempat yang menjadi bagian dari sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Jejak perjuangan Bung Karno masih terlukis jelas di rumah tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di sana, Jokowi dan Iriana melihat berbagai macam barang-barang peninggalan Bung Karno bersama keluarga selama diasingkan. Barang itu seperti lukisan tangan Bung Karno dan naskah drama sandiwara yang mengandung nilai persahabatan, kerakyatan, dan kecintaan terhadap alam.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Sejarah Hari Lahir Pancasila: Bermula dari Dokuritsu Junbi Cosokai

Seorang Juru Pelihara tempat bersejarah tersebut, Syarifudin, mengatakan Rumah Pengasingan Bung Karno telah terkenal sampai keluar negeri. Ia pun mengaku senang dan bersyukur atas kunjungan Kepala Negara ke Rumah Pengasingan Bung Karno tepat di Hari Lahir Pancasila.

“Saya rasa bangga pada tahun 2022 hari ini juga tepatnya 1 Juni lahirnya Pancasila Bapak Presiden Joko Widodo sudah berkenan hadir di acara lahirnya Pancasila, di bumi lahirnya Pancasila, dan sempat berkunjung ke rumah Presiden pertama kita yaitu Ir. Soekarno, saya rasa bangga, senang, dan terharu,” ucap Syarifudin penuh haru, seperti dikutip dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi menjelaskan saat diasingkan, Bung Karno pernah menyebut tempat ini sebagai “ujung dunia”, di mana pada waktu itu tidak pernah terbayangkan bangsa Indonesia dapat merdeka.

Baca Juga: Wapres Dukung Pancasila Jadi Mata Pelajaran Lagi

Namun dengan jiwa cinta Tanah Air yang sangat besar, Bung Karno mampu mengubah situasi tersebut menjadi semangat dalam memerdekakan Tanah Air.

“Di situlah beliau (Bung Karno) bisa memanfaatkan dari situasi yang sangat menekan itu menjadi semangat pembebas lebih lanjut. Oleh karena itu, Ende ini menjadi salah satu titik utama dalam perjalanan Bung Karno, Pancasila, dan akhirnya kemerdekaan,” ucap Kepala BPIP.

Turut mendampingi Jokowi dan Iriana dalam kunjungannya antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya