SOLOPOS.COM - Warga mendorong mobil pikap yang mogok dan nyaris tertabrak KA Bathara Kresna di rel Jl Slamet Riyadi, Solo, Selasa (17/8/2021). (Istimewa/Roll Channel)

Solopos.com, SOLO — Mobil pikap ditumpangi pria, wanita, dan seorang anak balita mogok di tengah rel Jl Slamet Riyadi, Solo, saat KA Bathara Kresna hendak melintas, Selasa (17/8/2021).

Melihat hal itu, sejumlah orang termasuk beberapa jurnalis yang tengah meliput kegiatan di Rutan Solo bertindak sigap dan langsung mendorong mobil keluar jalur rel. Jika tidak, mobil berikut penumpang bisa tertabrak karena saat itu jarak KA Bathara Kresna sudah cukup dekat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Video aksi penyelamatan mobil mogok itu menjadi viral setelah diunggah di media sosial, salah satunya oleh akun Instagram @SoloKini. Saat itu, jarak antara KA Bathara Kresna dengan mobil pikap yang mogok di rel Jl Slamet Riyadi Solo itu tinggal kurang dari 200 meter.

Baca Juga: Biaya PCR Murah, Pemkot Solo Tambah Sarana Testing

Sejumlah jurnalis dan warga langsung bergerak saat KA Bathara Kresna terus membunyikan klakson berkali-kali. Mereka membantu mendorong mobil pikap yang mesinnya mendadak mati di rel.

Di dalam pikap ada seorang sopir lelaki dan seorang ibu bersama anak balita. Ibu bersama anak balita itu langsung turun dari mobil saat KA hampir mendekati mobil.

Setelah itu warga dan sejumlah jurnalis ramai-ramai mendorong pikap itu keluar dari jalur rel. Sementara para jurnalis lain langsung menghentikan arus lalu lintas Jl Slamet Riyadi. Mobil pikap itu berhasil selamat setelah didorong ke badan jalan.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang Sampai 23 Agustus, Mal dan Pusat Perbelanjaan Solo Masih Tutup

Berlangsung Spontan

Salah satu jurnalis yang membantu mendorong mobil mogok di rel Jl Slamet Riyadi, Solo, Nicolous, mengatakan aksi itu berlangsung spontan saat para awak media berada di lokasi. Ia kaget karena jarak KA Bathara Kresna dengan mobil yang mogok sangat dekat.

“Tadi saya spontan lari, ternyata di dalam pikap ada anak balita. Niat saya hanya membantu,” papar Nicolous yang merupakan fotografer Solopos.

Ia bercerita setelah didorong keluar rel, mesin mobil pikap kembali menyala. Jurnalis lain dari suara.com, Ronald Seger, juga mengaku refleks membantu mendorong pikap itu bersama dua orang warga. Beruntung tidak sampai terjadi kecelakaan. “Sempat kaget juga, beruntung tidak ada korban,” paparnya.

Baca Juga: Polisi Setop Puluhan Kendaraan di Depan Mapolresta Solo Peringati Detik-Detik Proklamasi

Sementara itu, video aksi penyelamatan mobil pikap yang mogok di rel itu diunggah akun-akun media sosial Kota Solo. Salah satunya akun Instargram @SoloKini. Para netizen pun memberi respons positif.

“Mas e idola,” papar pengguna akun @Insandipo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya