MOBIL TOYOTA : Begini Sejarah Perjalanan Sukses Avanza di Indonesia

SHARE
MOBIL TOYOTA : Begini Sejarah Perjalanan Sukses Avanza di Indonesia
SOLOPOS.COM - Toyota Avanza 2003. (Horsepower.ru)

Mobil Toyota Avanza telah mengaspal di Tanah Air sejak 2004.

Solopos.com, SOLO – Mobil Toyota Avanza tak pernah absen dari puncak segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) murah sejak diluncurkan 2003 silam. Namun, bukan berarti mobil keluarga itu tak memiliki kekurangan.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Sepanjang perjalanannya di bursa mobil Indonesia, mobil Toyota Avanza tercatat telah mengalami perubahan sebanyak dua kali dan akan mengalami perubahan kali ketiganya 12 Agustus 2015 mendatang.

Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Selasa (11/8/2015), generasi pertama Toyota Avanza rilis 2003 berbarengan dengan kembarannya, Daihatsu Xenia. Kendati kembar secara desain, keduanya dibedakan secara kapasitas mesin. Avanza saat itu dibekali mesin K3-VE 1.300 cc empat silinder sedangkan Xenia mengusung mesin EJ-VE 1.000 cc tiga silinder.

Setahun kemudian, PT Toyota Astra Motor (TAM) juga meluncurkan Avanza bermesin 3SZ-VE 1.500 cc dengan pilihan transmisi manual dan otomatis serta fitur pengereman ABS. Saat itu, Avanza dilepas ke pasar dengan banderol mulai Rp70 jutaan.

Beberapa tahun dipasarkan, masalah pada Avanza generasi pertama mulai dirasakan konsumen. Isu permasalahan paling nyaring adalah mesin yang kurang responsif saat perpindahan gigi terutama pada mesin 1.300 cc.

Tak kalah nyaring, problem mengenai suspensi yang terlalu empuk sehingga menimbulkan body rolling dan kabin yang berisik akibat getaran mesin saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi juga mewarnai perjalanan Avanza generasi pertama.

Mendengar permasalahan tersebut, 2009 silam TAM kemudian menyegarkan Avanza untuk kali pertama. Pabrikan asal Jepang itu langsung membenamkan mesin baru berteknologi VVT-T yang diklaim lebih minim getaran. Tak ketinggalan, fitur AC double blower untuk penumpang baris kedua juga ditambahkan.

Memasuki 2011, TAM menghentikan produksi Avanza generasi pertama dan melahirkan Avanza generasi kedua. Mobil sejuta umat itu mendapat ubahan pada sisi desain eksterior, kenyamanan dan kesenyapan kabin serta lebih aman berkat hadirnya airbag.

Kendati telah disempurnakan, kesenyapan kabin Avanza generasi kedua masih kalah dari kompetitor di kelasnya seperti Suzuki Ertiga yang lahir 2012 lalu. Masalah lain yang kerap dijumpai adalah Electric Power Steering (EPS) yang kurang presisi.

Berselang empat tahun, TAM kembali akan menyegarkan mobil Toyota Avanza. Generasi terbaru mobil MPV murah itu akan mengusung nama Grand New Avanza dengan banderol hampir tiga kali lipat harga Avanza generasi pertama.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago