SOLOPOS.COM - All New Jaguar XF meniti tali baja. (Dailymail.co.uk)

Mobil terbaru Jaguar XF membuktikan bobotnya yang ringan dengan berjalan pada dua utas tali baja.

Solopos.com, LONDON – Produsen mobil mewah asal Inggris, Jaguar, memperkenalkan mobil terbaru XF Series. Uniknya, mobil yang diklaim berbobot paling ringan di kelasnya itu dikemudikan dengan menggantung pada tali baja di ketinggian Kota London, Inggris.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Acara peluncuran mobil terbaru dilakukan dengan cara berbeda dan unik oleh Jaguar. Mobil barunya, Jaguar XF, dikemudikan di tali baja yang membentang membelah sungai selebar 200 meter.

Seperti dilansir laman Dailymail, Selasa (24/2/2015), Jaguar mendaulat Jim Dowdall, seorang stuntman berpengalaman, untuk mengemudikan All New Jaguar XF sejauh 240 meter dengan ban menempel di tali baja.

Aksi ekstrem itu dilakukan di kawasan pelabuhan Royal Dock, Canary Wharfm, London.

Dalam pernyataanya kepada media, pihak Jaguar menyebut aksi nekat itu dilakukan untuk membuktikan bobot Jaguar XF terbaru yang ringan. Bobot ringan itu diperoleh berkat arsitektur mobil yang menggunakan bahan alumunium khusus hingga 75 persen.

Jaguar mengklaim Jaguar XF terbaru memiliki bobot lebih ringan hingga 190 kg jika dibandingkan dengan versi lawasnya. Dengan demikian, torsional stiffness mampu meningkat hingga 28 persen.

Selain itu, tinggi sedan itu kini makin rendah namun dengan bodi yang sedikit lebih panjang. Dengan bobot yang ringan itu, rasio power to weight penerus XF Series itu nyaris menyentuh angka 50:50.

Dikutip Solopos.com dari laman Autoexpress, Rabu (25/3/2015), versi terbaru Jaguar XF hadir dalam beberapa pilihan mesin. Pertama, mesin 2.000 cc Ingenium diesel enam percepatan dengan tenaga 163 hp dengan torsi 380 Nm.

Kedua, mesin bensin 2.000 cc turbocharged direct injection dengan tenaga maksimal 240 hp dan torsi 340 Nm. Ada pula mesin bensin 3.000 cc V6 supercharged dengan tenaga lebih besar mencapai 380 hp dan torsi 450 Nm.

Sedangkan untuk versi edisi terbatas, sedan Jaguar XF juga hadir dengan mesin 3.000 cc V6 twin-turbo diesel dengan tenaga 300 hp dan torsi puncak 700 Nm.

Setelah diperkenalkan di London, mobil terbaru Jaguar XF juga akan memulai debutnya di New York, Amerika Serikat, 1 April mendatang. Sedangkan untuk bursa mobil Indonesia, kehadiran varian terbaru mobil berlambang hewan buas itu belum dapat dipastikan karena mobil itu hanya diminati kalangan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya