SOLOPOS.COM - Sales promotion girl (SPG) berpose di depan Suzuki Karimun Wagon R GS saat launching mobil terbaru itu di Hartono Lifestyle Mall, Solo Baru, Sabtu (18/10/2014) malam. Karimun Wagon R GS diharapkan akan meramaikan pasar city car di Solo Raya. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Solopos.com SUKOHARJO — PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan dua varian mobil baru yang dilakukan serentak di 35 kota demi meningkatkan penjualan menjelang akhir tahun 2014. Suzuki menghadirkan Karimun Wagon R GS dan APV New Luxury itu dengan mengusung konsep joint exhibition.

Branch Manager (BM) PT Solo Indonesia Utama (SIU) sebagai main dealer Suzuki di Soloraya, Bambang Mardjianto, mengatakan meski kedua kendaraan tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda. Namun keduanya memiliki kesamaan, yakni menawarkan kemewahan kepada konsumen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sejak kali pertama diluncurkan pada November 2013, Karimun Wagon R memiliki empat varian, yakni GA, GL, GX dan Dilago. Menurut dia, animo masyarakat terhadap kendaraan low cost green car (LCGC) tersebut sangat bagus. Di Solo tercatat selama 10 bulan, penjualan telah mencapai 224 unit.

“Peluncuran varian baru ini sekaligus untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dari pelanggan yang ingin tampilan mewah dan sporty mengingat selama ini tidak hanya family yang menggunakan kendaraan ini. Ada beberapa perubahan yang ditawarkan Karimun Wagon R GS. Oleh karena itu, kami menagetkan mampu terjual 40 unit per bulan dari sebelumnya 30 unit,” ungkap Bambang saat jumpa pers di Lubos Café Hartono Mall, Sabtu (18/10/2014) malam.

Dia menjelaskan jika sebelumnya Karimun Wagon R dihadirkan dengan konsep city car, tapi varian baru ini dibuat seperti kendaraan multi purpose vehicle (MPV) sehingga lebih panjang dari varian sebelumnya. Hal ini mengingat konsep dasar yang ditawarkan adalah kabin luas, multi guna, praktis dan irit bahan bakar.

Selain itu, perubahan juga dilakukan di sisi desain interior dan eksterior. Varian baru ini diluncurkan dengan enam pilihan warna menarik dan dibanderol dengan harga Rp112,6 juta. Sementara itu, peluncuran APV New Luxury bertujuan untuk menjawab kebutuhan masyarakat, khususnya yang menginginkan kendaraan multi guna untuk kebutuhan sehari-hari maupun bisnis dengan kesan mewah.

Kendaraan ini hadir dengan dua pilihan transmisi, yakni automatic transmission (AT) dan manual transmission (MT) dengan dua pilihan warna dan dua ukuran velg. Dia menyebutkan tipe AT/velg R15 dibanderol dengan harga Rp210,1 juta dan AT/velg R17 senilai Rp214 juta. Sedangkan untuk MT/velg R15 dijual dengan harga Rp195,9 juta dan MT/velg R17 seharga Rp199,7 juta.

Market share Karimun Wagon R saat ini naik 10% jika dibandingkan tahun lalu, tapi baru 17%, masih di bawah target kami, yakni 20%. Oleh karena itu, dengan varian baru ini, kami berharap bisa terus meningkatkan market share sesuai dengan target di awal tahun,” tutur Owner PT SIU, Tommy Gunawan.

Sementara itu, secara keseluruhan, tercatat capaian market share baru sekitar 11,75% dari target 17%. Menurut dia, target tersebut sulit dicapai karena adanya gonjang ganjing politik sehingga banyak konsumen yang masih wait and see. Oleh karena itu, pihaknya berharap permasalahan kondisi menjadi kondusif sehingga penjualan minimal bisa seperti tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya