SOLOPOS.COM - Mitsubishi Lancer Evolution Final Edition. (Autoevolution.com)

Mobil terbaru Mitsubishi Lancer Evo FE mulai diproduksi. Mobil itu lahir sebagai seri penutup Lancer Evo yang telah beredar sejak dua dekade lalu.

Solopos.com, TOKYO  – Mobil terbaru Mitsubishi Lancer Evo Final Edition (FE) diluncurkan sebagai seri terakhir sebelum sedan itu “dimatikan”. Tak sebanyak versi sebelumnya, edisi pamungkas Lancer Evolution itu hanya diproduksi sebanyak 1.000 unit.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabar Mitsubishi berhenti memproduksi seri sedan terpopulernya, Lancer Evo, rupanya tak main-main. Dilansir laman Motorauthority, Rabu (15/4/2015), Prinsipal Mitsubishi di Jepang mengumumkan telah mulai memproduksi 1.000 unit terakhir mobil terbaru Mitsubishi Lancer Evo FE dan akan memasarkannya mulai Agustus tahun ini.

Dikatakan, Lancer yang juga menjadi bentuk salam perpisahan Mitsubishi dengan sedan terpopulernya akan mengusung teknologi turbocharged. Diklaim sebagai edisi terbaik, Lancer Evo generasi ke-10 itu juga telah dibekali sistem penggerak roda all wheels drive (AWD).

Sama seperti versi Evo GSR, Lancer Evo FE juga mengusung mesin 4B11T berkapasitas 2.000 cc dan katup exhaust yang diberikan sodium agar meningkatkan kegesitannya di kecepatan menengah dan tinggi. Versi termutakhir mobil legendaris itu bakal mampu memuntahkan tenaga sebesar 480 hp.

Kendati  dari tampilan luar tak berbeda jauh dari versi sebelumnya, Mitsubishi menjanjikan bentuk trim dan suspensi yang telah dimodifikasi. Di ujung depan-belakang akan dijumpai bumper Gloss Black, sedangkan kaki-kaki menggunakan pelek 18 inci BBS.

Di bagian atas, roof panel Mitsubishi Lancer FE juga bakal memiliki dua pilihan warna, putih atau hitam, sedangkan kelir bodinya akan hadir dalam lima varian warna, yakni merah, putih, abu-abu, hitam dan biru. Tak ketinggalan, emblem bertuliskan Final Edition akan turut ditempelkan di bagian depan dan belakang mobil,

Nantinya, mobil itu akan diluncurkan bertepatan dengan diselenggarakannya pameran otomotif Tokyo Auto Salon 2015. Mitsubishi mengumumkan Lancer FE itu akan dilego seharga US$33.118 atau sekitar Rp430 jutaan. Sayangnya, versi terakhir sedan legendaris yang lahir sejak 1992 itu hanya akan beredar di Jepang.

Dikutip Solopos.com dari laman Roadandtrack, alasan Mitsubishi meluncurkan Lancer FE sekaligus mengakhiri kiprah sedan itu tak lain karena permintaan sedan sedang menurun dan dianggap tak lagi menjanjikan. Selain itu, Mitsubishi saat ini juga tegah fokus mengembangkan mobil baru dengan basis Pajero Sport dan Outlander.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya