SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Mobil terbakar. (Carmudi.co.id)

Solopos.com, JAKARTA — Mobil terbakar tiba-tiba di jalan, kejadian ini sering terjadi dan membuat panik pemilik mobil serta pengendara yang melintas di jalan raya.

Ada yang berpendapat pemicu mobil terbakara karena hubungan pendek arus listrik atau konsleting. Ada juga yang menyebut karena modifikasi atau penggunaan komponen yang tidak sesuai.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Agar mobil Anda tidak terbakar secara tiba-tiba, ada beberapa cara untuk mencegahnya seperti dikutip Solopos.com dari Carmudi.co.id.

Rutin mengecek ruang mesin

Ketika selesai membersihkan mobil usahakan kembali periksa ruang mesin dengan teliti. Pastikan tidak ada kain lap, atau material lainnya yang mudah terbakar tertinggi di ruang mesin. Bisa menyebabkan mobil terbakar

Tutup oli

Pastikan tutup oli terpasang rapat, karena besar kemungkinan cipratan oli menetes ke knalpot yang panas dan dapat mengubah percikan oli tersebut menjadi api .

Baca juga: Ini Arti Pelat Nomor RF, RFS, RFH, RFQ, RFU Yang Viral

Hati–hati menginstalasi kabel

Saat memasang aksesori kelistrikan, dianjurkan untuk menggunakan sekring sebagai pengaman, karena apabila tidak kabel berpotensi meleleh dan menyebabkan mobil terbakar.

Selain itu, sekring yang terpasang jauh dari sumber listrik (baterai/aki) dan terminal konektor yang longgar juga dapat mengakibatkan panas berlebih dan menimbulkan percikan api.

Hindari penggantian lampu

Tidak dianjurkan mengganti bohlam untuk headlamp atau foglamp dengan watt yang lebih besar atau menggunakan produk after market yang tidak resmi.

Kapasitas watt yang lebih besar dari standar dapat menyebabkan aki terkuras dan berpotensi mengakibatkan panas yang bisa mengakibatkan mobil terbakar.

Baca juga: Kronologi Laka Pajero dan Beat hingga Terbakar di Solo Baru Sukoharjo

Jangan tinggalkan powerbank

Jika ingin meninggalkan mobil dalam waktu sebentar maupun lama, pastikan tidak meninggalkan powerbank dalam kondisi sedang dicolok ke soket. Risiko konsleting dan berpotensi meledak.

Tidak simpan korek api

Jangan menyimpan dan meninggalkan korek api gas di laci kabin mobil. Suhu kabin mobil yang panas dapat menyebabkan korek api gas meledak dan bisa menyebabkan mobil terbakar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya