SOLOPOS.COM - Toyota Avanza

Solopos.com, SOLO — Mobil sejuta umat kerap disematkan ke Toyota Avanza karena sejak diluncurkan hingga kini mobil ini laris manis di pasaran.

Selain banyak diminati masyarakat, Avanza ternyata punya berbagai fitur keselamatan. Dikutip dari Auto2000, Sabtu (28/8/2021), Toyota membekali Avanza sejumlah fitur keselamatan agar meminimalkan kerusakan dan cedera.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut adalah deretan fitur keselamatan pada Toyota Avanza sebagaimana dikutip dari Bisnis.com. Fitur keselamatan ini akan berbeda-beda untuk seri/tipe dan tahun produksinya.

ABS

Teknologi ABS yang telah tersemat pada sistem pengereman Avanza siap memberikan perlindungan dan keselamatan. Fitur ini akan meminimalisasi kejadian terkuncinya rem saat mobil harus mengerem mendadak.

Ekspedisi Mudik 2024

EBD

Teknologi ini juga terdapat pada sistem pengereman Avanza. Tugas electronic brake distribution (EBD) mengatur distribusi tekanan rem di setiap ban sesuai dengan kebutuhannya.

Baca Juga: Wuling Tanam Teknologi Radar di Fitur Almaz RS EX

Fitur ini cukup penting, sebab dalam beberapa kondisi, setiap roda memiliki kebutuhan yang berbeda-beda ketika mengerem. EBD bekerja dengan melihat beban yang diemban oleh masing-masing roda.

Side impact beam

Fitur keselamatan ini berupa palang besi kuat untuk menahan benturan dari arah samping yang diletakan di keempat pintu Avanza. Pemilik mobil ini tidak bisa melihatnya secara langsung kecuali membongkar bagian pintu.

Fitur ini sangat berguna ketika Avanza tabrakan dari samping. Dengan adanya palang besi tersebut maka energi benturan akan terserap cukup banyak dan tidak sampai menjalar ke penumpang.

Isofix

Isofix merupakan standar internasional untuk sabuk keselamatan khusus anak. Meski Avanza merupakan mobil yang tergolong ekonomis, ternyata fitur Isofix telah hadir di bangkunya.

Baca Juga: GT Radial Punya Ban Ramah Lingkungan untuk Pasar Indonesia

Sabuk pengaman tiga titik

Menarik untuk mengamti fitur keselamatan satu ini. Sebab seat belt yang ada di semua kursi Avanza sudah mengusung tipe tiga titik. Artinya, ada tujuh buah sabuk pengaman yang terletak di setiap bangku mulai dari bangku baris pertama hingga baris ketiga pada semua tipenya.

Center head rest

Bukan cuma dilengkapi headrest adjustable di bangku bagian depan, tetapi di kabin Avanza, khususnya pada jok tengah terletak di baris kedua terdapat center headrest. Fitur ini berguna untuk mencegah atau mengurangi cedera pada tulang leher.

Sensor parkir

Sebagai mobil modern, Avanza sarat akan fitur keselamatan berteknologi kekinian. Salah satunya adalah sensor parkir yang akan memberikan peringatan jika objek belakang mobil sudah dekat dengan tembok atau objek lainnya.

Baca Juga: Toyota Tentukan Konsumen GR Yaris Lewat Undian

Dual airbags

Inilah salah satu penunjang keselamatan yang cukup esensial pada Toyota Avanza. Perusahaan telah memberikan dua kantung udara di bagian depan yang akan mengembang secara otomatis saat terjadi Avanza tabrakan.

Pretensioner & Force limiter

Sabuk keselamatan Avanza tak sekadar “mengikat” tubuh penumpang dan memberi keselamatan saat Avanza tabrakan. Sebab, fitur ini akan otomatis menahan daya dorong akibat benturan. Dengan demikian tubuh penumpang tak bergerak jauh dari sandaran jok.

Baca Juga: Daftar Plat Nomor Kendaraan di Indonesia Lengkap dari Sabang Hingga Merauke

Pretensioner sendiri merupakan sistem yang akan menahan gaya dorong penumpang dengan segera menarik seatbelt saat terjadi tabrakan. Adapun, force limiter akan mengontrol beban dari sabuk pengaman untuk mengurangi dampak terhadap dada penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya