SOLOPOS.COM - Ilustrasi membeli BBM. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah mobil paling irit bensin yang sudah masuk di Indonesia. Memiliki kendaraan hemat BBM tentu merupakan sebuah keuntungan tersendiri, karena dengan begitu kamu bisa menghemat biaya operasional kendaraan yang dibutuhkan. Simak ulasannya di tips otomotif kali ini.

Boros BBM tentu bakal berpengaruh terhadap pengeluaran kamu. Anggaran untuk sarana transportasi ini pasti bakal membengkak, terlebih bila aktivitas kamu setiap hari mempergunakan kendaraan roda empat ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nah agar kantong tidak terkuras, sebaiknya pilihlah kendaraan yang pemakaian BBM-nya irit.  Nyaris setiap pabrikan saat ini memiliki produk unggulan yang hemat bahan bakar minyak atau BBM.

Baca Juga: Gaikindo: Insentif PPnBM Berakhir, Penjualan Kendaraan Tak Terdampak

Dikutip dari duitpintar.com pada Rabu (12/10/2022), berikut ini sejumlah mobil paling irit bensin di Indonesia yang bisa kamu pertimbangkan untuk dipinang:

1. Toyota Corolla Cross Hybrid  (23,25 km/liter)

Sesuai dengan namanya, mobil ini irit BBM karena menggunakan dua jenis mesin.  Pada mesin konvensional berkode 2ZR-FXE 1.800 cc 4-silinder DOHC VVT-i, bisa menghasilkan 96 dk dan torsi 142 Nm. Sedangkan, motor listriknya bisa mengeluarkan tenaga 71 dk dengan torsi 162 Nm.

Mobil ini pun diklaim bisa menempuh jarak 23,25 km untuk satu liter bensin. Jelas bisa jadi kandidat terbaik mobil paling irit BBM 2022.

2. Datsun GO  (23,5 km/liter)

Selanjutnya ada Datsun Go yang jadi rekomendasi lainnya mobil teririt di Indonesia 2022. Mobil jenis hatchback ini sangat irit karena bisa melaju sampai 23,5 km hanya dengan 1 liter saja.  Datsun Go merupakan jenis mobil Low Cost Green Car (LCGC) hatchback yang dibekali mesin berkapasitas 1200 cc, dan menghasilkan tenaga 68-78 PS.

Sedangkan, varian lainnya yaitu Datsun Go+ Panca merupakan mobil jenis MPV.  Meski beda ukuran dan jenis, namun mobil yang dibekali mesin berkapasitas 1198 cc ini nyatanya sama iritnya dengan Datsun Go, yaitu konsumsi bensinnya 1 liter untuk jarak sejauh 23,5 km.

Baca Juga: Agar Warga Tertarik, Pemerintah Perlu Beri Diskon Pembelian Kendaraan Listrik

Oleh karena itu, Datsun Go+ Panca bisa menjadi pilihan mobil keluarga paling irit BBM. Sedangkan, jenis Datsun Go biasa bisa menjadi pilihan mobil city car paling irit BBM di kelasnya.

3. Suzuki Ignis  (23,64 km/liter)

Ciri utama mobil dengan konsumsi BBM paling irit adalah bodinya yang kecil atau mini. Suzuki Ignis merupakan salah satu mobil dengan konsumsi BBM paling irit. Mobil jenis SUV ini dibekali mesin 1.197 cc dengan dua pilihan transmisi yaitu manual dan otomatis dengan 5 percepatan.

Jika mau irit maka pilihlah yang transmisi manual karena konsumsi bahan bakarnya 23,64 km untuk satu liter bahan bakar.

4. Suzuki Ertiga  (23 km/liter)

Suzuki Ertiga jadi mobil keluarga paling irit BBM di Indonesia. Ertiga dibekali mesin 1462 cc dengan 4 silinder, DOHC, dan VVT yang membuatnya irit BBM. Saat dilakukan pengujian, konsumsi BBM Suzuki Ertiga mencapai angka 23 km per liternya jika melaju di jalanan stabil dan bebas hambatan.

Baca Juga: Mobil Modifikasi Asal Indonesia Punya Pasar Besar di Luar Negeri

Sedangkan, jika menggunakan ECO driving, konsumsi bahan bakarnya jadi semakin irit yaitu 30 km per liternya.

5. Honda Brio  (20 km/liter)

Honda Brio adalah salah satu mobil paling irit bensin di Indonesia di kelasnya. Jika melaju di jalanan bebas hambatan dan stabil, konsumsi bahan bakarnya mencapai 20-30,1 km per liternya  Sehingga, jika kamu mencari mobil city car paling irit BBM dan juga berukuran mini, Honda Brio bisa jadi rekomendasinya.

6. Wuling Confero  (25,4 km/liter)

Wuling Confero merupakan rekomendasi berikutnya untuk daftar mobil bensin paling irit dengan harga murah di Indonesia 2022.  Mobil pabrikan Tiongkok ini mesinnya berkapasitas 1485 cc, dan konsumsi bahan bakarnya mencapai 25,4 km dengan 1 liter bensin saja.

Dengan jumlah kapasitas kursi sebanyak 8 tempat duduk, Wuling Confero bisa jadi mobil keluarga untuk menghemat pengeluaran.

Baca Juga: Hindari Modifikasi Bagian Ini, Agar Garansi Motor Tak Hangus

7. Nissan Kicks E-Power  (23 km/liter)

Mobil paling irit bensin 2022 di Indonesia selanjutnya yaitu Nissan Kicks E-Power. Produk pabrikan Jepang ini diklaim konsumsi bahan bakarnya hingga 23 km per liter pada varian 2 wheel drive.  Sedangkan, pada varian 4 wheel drive konsumsi bahan bakarnya hingga 19,2 km per liter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya