SOLOPOS.COM - Nissan GT-R. (Topgear.com)

Mobil Nissan GT-R terbaru hadir dengan tenaga yang jauh lebih besar dari versi sebelumnya.

Solopos.com, TOKYO – Generasi terbaru mobil Nissan GT-R dipastikan lebih cepat. Sebab, supercar Jepang itu telah menggendong mesin “sadis” yang semburan tenaganya tembus hingga 1.250 tenaga kuda (hp).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir laman Topgear, Rabu (29/4/2015), Ben Bowlby selaku kepala teknisi mobil Nissan GT-R memberi bocoran tentang mesin terbaru yang akan ditanamkan pada mobil tercepat besutan Nissan itu.

Ben menjelaskan mesin yang akan diusung adalah  tipe V6 twin turbocharged berkapasitas 3.000 cc. Dipadukan dengan teknologi hybrid, tenaga mobil itu makin buas karena berada di angka 1.250 hp. Tenaga itu dua kali lipat lebih besar dari Nissan GT-R versi sekarang yang memiliki tenaga 600 hp.

“Ini adalah mesin injeksi langsung dengan teknologi pembakaran, integrasi turbo dan sistem asupan bahan bakar yang menarik. Nissan GT-R akan menjadi dewa baru di jalanan karena tetap legal untuk umum,” beber Bowlby.

Meski tenaga mesin itu terbilang sangat besar, Bowlby menjelaskan mesin baru itu memiliki konfigurasi yang sama seperti mesin yang umum di dunakan pada supercar. Putaran mesinnya pun tak berubah, tetap di angka 6.500 rpm.

Dengan racikan baru, mesin V6 3.000 cc itu memiliki tarikan yang lebih responsif ketimbang mesin V6 3.800 cc. Uniknya, konsumsi bahan bakarnya justru sepertiga lebih irit.

Dikutip Solopos.com dari laman Autoevolution, Kamis (30/4/2015), Chief Creative Officer Nissan, Shiro Nakamura, sempat membantah rumor yang menyebut layout mesin Nissan GT-R menggunakan model mid-engine seperti pada Porsche dan Ferrari.

Ia mengonfirmasi bahwa mobil ini akan menjadi mobil hybrid. Hal itu menunjukkan bahwa teknisi Nissan akan meminjam lebih dari sekadar komponen pembakaran internal dari mobil konsep yang dipakai di ajang balap mobil Le Mans.

Saat disinggung mengenai desain mobil, Shiro belum dapat memastikan arah wajah baru Nissan GT-R. Namun jika melihat mobil konsep yang sempat dipamerkan Nissan, tampaknya desain Vision Gran Turismo 2020 menjadi kandidat terkuat. Mobil jalanan tercepat di dunia itu rencananya meluncur pada 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya