SOLOPOS.COM - Wapres Boediono (kedua kiri) mengamati mobil Astra Daihatsu Ayla didampingi CEO PT Astra International-Daihatsu Sales Operation Soeparno Djasmin (kiri), Menteri Perindustrian MS Hidayat (kedua kanan) dan President Director PT Astra Daihatsu Motor Sudirman MR saat membuka secara resmi The20th Indonesia International Motor Show di JIExpo Kemayoran Jakarta, Jumat (21/9/2013). (Yayus Yuswoprihanto/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen tunggal pemegang merek Daihatsu di Indonesia meragukan anggapan sebagian kalangan yang mengaitkan kehadiran mobil murah dengan kemacetan arus lalu lintas. Pernyataan itu dikemukakan Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra karena perusahaannya kini memproduksi Daihatsu Ayla yang hanya dipasarkan dengan harga Rp 76,5 juta.

Menjawab kritik tentang kehadiran mobil murah dan korelasi terhadap kemacetan di kota besar, Amelia menyatakan bahwa kemacetan tidak serta merta disebabkan oleh kehadiran mobil murah dan hemat energi. Lagi pula, ibuh dia, patokan harga Daihatsu Ayla tetap mengikuti peraturan yang tertuang dalam beleid No.43/2013 tentang Penentuan Harga Mobil Yang Mengikuti Program Mobil Murah dan Hemat Energi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Karena itulah, sambungnya, Daihatsu Ayla dilepas ke pasaran dengan harga dari Rp76,5 juta hingga Rp 107 juta. Harga mobil Daihatsu Ayla disesuaikan dengan variannya, yakni D MT dibanderol dengan harga Rp 76,5 juta, D Plus MT Rp85 juta, M MT Rp 90 juta, M AT Rp99 juta, X MT Rp 97 juta, dan X/AT Rp 107 juta. “Harga masing-masing unit menurut varian ini merupakan harga on the road Jakarta,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan kemacetan selama ini terjadi akibat managemen lalu lintas yang tidak terkelola dengan baik serta tidak tertata dengan baik. Untuk itu, Amelia berharap banyak kalangan harus memahami bahwa mobil murah tidak serta merta menjadi alasan kemacetan di kota besar tetapi perhatian penataan lalu lintas dan kesadaran pengguna jalan juga menjadi alasan.

Ada pun, Amelia menegaskan, melalui program mobil murah ekonomi Indonesia bisa terdongkrak meningkat karena sektor industri otomotif merupakan salah satu penyumbang besar bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Tipe Daihatsu Ayla Harga
D M/T Rp76 juta
D M/T (Plus) Rp85 juta
M M/T Rp90 juta
M A/T Rp99 juta
X M/T Rp97 juta
X A/T Rp107 juta

Sumber: PT ADM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya