SOLOPOS.COM - Model memperlihatkan varian Toyota Agya yang resmi diluncurkan pada acara The 20th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012, di Jakarta International Expo Centre, Kemayoran, Jakarta, Kamis (20/9/2013). (Alvari Kunto P/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA — Pro dan kontra muncul menyusul kehadiran mobil-mobil murah dan hemat energi. Kebangkitan industri otomotif itu menyulut kekhawatiran sebagian kalangan bakal menambah kemacetan di kota-kota besar, khususnya Jakarta. Namun, kalangan agen tunggal pemegang merek menerangkan bahwa kehadiran mobil murah dan hemat energi tidak serta merta menjadi penyebab kemacetan di jalanan.

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra menegaskan bahwa mobil murah yang diluncurkan tidak menjadi salah satu alasan yang berpotensi terhadap kemacetan di jalanan ibu kota besar di Indonesia. “Mobil murah dan hemat energi juga didistribusikan merata ke seluruh wilayah Indonesia sehingga tidak berdampak besar terhadap kemacetan”, ungkapnya di Jakarta, Kamis (12/9/2013).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia mengatakan management traffic dan kesiapan infrastruktur masal juga menjadi alasan kemacetan. Untuk itu, Pemerintah diminta untuk menciptakan infrastruktur yang baik dan managemen lalu lintas yang tertib.

Di sisi lain, Praktisi Senior Otomotif Suhari Sargo berharap mobil murah dan hemat energi yang merupakan mobil pertama harus diseimbangkan porsi distribusinya. Melalui penyebaran yang seimbang, lanjutnya, tidak akan membuat suatu wilayah bertumpuk dengan kendaraan.

Dia berharap agar Pemerintah memperhatikan pengembangan infrastruktur daerah lebih baik sehingga ekonomi daerah bergerak dan  daya beli masyarakat daerah terdongkrak.”Jadi mobil itu tidak hanya di pulau Jawa tetapi merata ke semua wilayah Indonesia,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya