SOLOPOS.COM - Hasil uji tabrak Hyundai I10 oleh Latin NCAP. (Latinncap.com)

Mobil Hyundai I10 tak lolos uji tabrak.

Solopos.com, MONTEVIDEO – Kabar buruk menimpa mobil Hyundai I10 buatan India. Penguji keamanan mobil di Uruguay, Latin New Car Assessment Program (NCAP) mengatakan mobil hatchback itu tak memenuhi standar keselamatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir laman Indianautosblog, Jumat (11/9/2015), setelah varian termurah mobil Hyundai I10 bikinan India itu diuji tabrak, Latin NCAP mengumumkan bahwa mobil tersebut tak mengantongi skor satu bintang pun dari skor maksimal lima bintang.

Buruknya skor tersebut dikarenakan Hyundai I10 yang sejatinya akan dipasarkan ke Chili itu tidak dilengkapi perangkat keselamatan seperti airbag, rem Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Stability Control (ESC) serta tidak ada kursi ISOFIX untuk anak-anak.

Sehingga dapat dibilang mobil yang mampu memuat lima orang itu hanya mengandalkan rem, sabuk pengaman dan rangka mobil untuk melindungi nyawa penumpangnya.

Mengomentari hasil yang jeblok tersebut, Sekretaris Jendral Latin NCAP, Alejandro Furas meminta supaya pemerintah Amerika Latin lebih ketat untuk menyeleksi mobil-mobil yang akan dipasarkan di wilayahnya.

“Kendaraan yang dijual di wilayah Amerika Latin harus yang lulus standar uji tabrak minimum oleh PBB. Hal ini penting untuk keselamatan para konsumen,” ungkap Alejandro.

Anehnya, kondisi tersebut berbanding terbalik dengan mobil Hyundai I10 yang beredar di benua Eropa. I10 di Eropa telah dibekali perangkat keselamatan lengkap, memiliki rangka lebih stabil dan mengantongi skor empat bintang dalam uji tabrak oleh Euro NCAP.

Selain di Eropa dan Amerika, mobil Hyundai I10 juga di jual di Indonesia. Bedanya, mobil pesaing Daihatsu Sirion dan Toyota Etios di Tanah Air itu datangkan lansung dari pabrik Hyundai di Korea Selatan dan telah dijejali beberapa perangkat keselamatan meski tidak komplet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya