SOLOPOS.COM - Honda Amaze. (Overdrive.in)

Mobil Honda Brio berbentuk sedan diberi nama Honda Amaze.

Solopos.com, NEW DELHI – Honda India mengumumkan segera merilis edisi penyegaran (facelift) dari mobil Honda Brio. Tetapi bukan Brio city car seperti di Indonesia, melainkan Brio sedan bernama Honda Amaze.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir laman Indianautosblog, Senin (22/2/2016), mobil Honda Amaze mengaspal kali pertama di India 2013 lalu. Sedangkan facelift pertamanya dijadwalkan meluncur 3 Maret 2016 mendatang.

Jika dilihat sekilas, Amaze dan Brio benar-benar sama persis mulai dari bumper, grille, kap mesin, roda, hingga pintu samping beserta lekukannya.

Tetapi jika diamati lebih teliti, Honda Amaze hanya memiliki empat pintu. Adik Honda City itu juga lebih tinggi 5 mm serta lebih panjang 380 mm karena hadirnya buntut pada buritan yang berfungsi sebagai bagasi.

Kabin Amaze dan Brio juga sama-sama mampu memuat maksimal lima orang. Tetapi urusan desain, interior Amaze lebih mewah dengan dashboard mirip Honda Jazz. Kendati demikian warna hitam-krem khas Brio masih dipertahankan.

Kemiripan kembali muncul ketika membuka kap mesinnya. Sedan kelas mid size itu juga dibekali mesin bensin 1.198 cc empat silinder I-VTEC bertenaga 88 hp dan torsi 109 Nm yang disalurkan ke roda lewat transmisi manual lima percepatan.

Menariknya, harga mobil Honda Amaze di India lebih murah ketimbang Honda Brio LCGC di Indonesia. Amaze ditawarkan mulai 526.755 rupee atau sekitar Rp102 juta. Sedangkan Brio LCGC, tipe termurah dibanderol seharga Rp118,9 juta.

Sayangnya sangat kecil kemungkinan Honda Amaze dipasarkan di Indonesia. Selain karena peminatnya sedikit, pajak mobil jenis sedan juga lebih mahal ketimbang mobil jenis lain seperti MPV dan SUV yang saat ini tengah populer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya