SOLOPOS.COM - Ilustrasi pabrik mobil Honda. (Liputan6.com)

Mobil Honda segera mendapat transmisi matik 10 percepatan.

Solopos.com, TOKYO – Honda Jepang mengaku tengah mengembangkan trasmisi matik continous variable transmission (CVT) 10 percepatan. Transmisi itu diklaim akan ditanam pada mobil Honda beberapa tahun mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lebih detail, seperti dilansir laman Paultan, Rabu (28/10/2015), mobil Honda yang akan dibekali CVT 10 percepatan adalah mobil dengan sistem penggerak roda depan (front wheel drive).

Kepala Strategi Teknologi Honda, Keiji Ohtsu menjelaskan CVT 10 percepatan menggunakan teknologi drive by wire. Sehingga transmisi tersebut tidak harus beroperasi secara berurutan.

Menurutnya hal itu membuat laju mobil lebih lincah dengan torsi hinga 370 Nm namun menghemat bahan bakar hingga enam persen.

“CVT baru yang kami kembangkan mampu turun dari gir kesepuluh ke gir keenam atau gir ketujuh ke gir ketiga seketika. Sehingga transmisi ini menyuguhkan akselerasi yang luar biasa,” terang Keiji.

Keiji mengklaim CVT 10 percepatan mampu berakselerasi 14 persen lebih cepat ketimbang CVT enam percepatan. Selain itu perpindahan gigi otomatis dipastikan lebih senyap dengan hentakan yang lebih lembut.

Meskipun Keiji mengaku ingin segera memamerkan CVT 10 percepatan ke publik, ia tetap enggan membeberkan jadwal peluncurannya. Ia juga masih menutup rapat-rapat mobil Honda model apa saja yang akan ditanami transmisi matik terbaru itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya