SOLOPOS.COM - Honda Mobilio. (Honda-indonesia.com)

Mobil Honda BR-V dan Mobilio dibekali mesin dan basis yang  identik.

Solopos.com, JAKARTA – Mobil Honda BR-V dan Mobilio punya basis yang sama. Akan tetapi dua mobil besutan PT Honda Prospect Motor (HPM) itu punya selisih harga mencapai Rp46 juta.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dihimpun Solopos.com dari laman resmi HPM, Senin (1/2/2016), mobil Honda Mobilio dijual mulai Rp180,5 juta hingga Rp234,5 juta on the road Jakarta. Sedangkan Honda BR-V dipatok lebih tinggi, yaitu Rp226,5 juta hingga Rp261,5 juta.

Padahal jika antara BR-V dan Mobilio dibekali mesin sama persis, yakni SOHC 1.500 cc empat silinder I-VTEC. Tenaga dan torsi yang dihasilkan pun mirip, namun BR-V lebih galak meski perbedaannya tidak signifikan.

Lantas apa yang membuat Honda BR-V lebih mahal? Pertanyaan tersebut dijawab oleh Marketing dan Aftersales HPM, Jonfis Fandy. Menurutnya sudah kodrat mobil sport utility vehicle (SUV) selalu lebih mahal dari mobil serba guna (MPV).

”Spesifikasi SUV selalu lebih tinggi. BR-V kan wheelbase lebih panjang, pelek dan bannya lebih besar. Memang enggak kelihatan di mata, tapi itu membuat komposisi mobil berubah. Nah itu yang membuat BR-V lebih mahal,” ungkap Jonfis seperti dikutip dari laman Indonesiautosblog.

Penggunaan mesin MPV untuk SUV seperti pada mobil Honda BR-V dan Mobilio sebenarnya bukan yang pertama di bursa mobil Indonesia. Toyota dan Daihatsu sudah melakukannya terlebih dahulu, masing-masing pada Avanza-Rush dan Xenia-Terios.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya