SOLOPOS.COM - Mobil hidrogen Honda Clarity. (Responsejp.com)

Mobil konsep Honda Clarity dipasarkan mulai Maret 2016.

Solopos.com, TOKYO – Honda Jepang baru saja melahirkan mobil Honda Clarity. Dibekali mesin bertenaga hidrogen, Clarity menjadi satu-satunya mobil yang saat ini mampu “membunuh” Toyota Mirai.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Peluncuran mobil Honda Clarity dilakukan oleh CEO Honda, Takahiro Hachigo di pameran otomotif Tokyo Motor Show (TMS) 2015 di Jepang. Ia menjelaskan Clarity dapat dinikmati di Jepang, Amerika Serikat dan benua Eropa Maret 2016 mendatang.

“Clarity merupakan paket lengkap mobil ramah lingkungan yang menyenangkan dikendarai. Kami percaya sedan ini akan menjadi tolok ukur mobil hidrogen di masa depan,” ungkap Hachigo seperti dilansir laman Worldcarfans, Kamis (29/10/2015).

Hachigo mengklaim mobil Honda Clarity mampu berjalan sejauh 700 km dengan tabung yang dapat diisi penuh dalam tiga menit. Jarak tempuh itu lebih baik ketimbang Toyota Mirai yang hanya mampu berjalan 502 km.

Selain ditenagai mesin hidrogen bertenaga 134 hp, mobil yang memiliki tampilan sama nyentriknya dengan Toyota Mirai itu juga dibekali mesin listrik bertenaga 174 hp yang mendapat suplai dari baterai Lithium Ion.

Karena desain mesinnya yang lebih ringkas dari mobil konvensional, Clarity mampu menyuguhkan kabin yang paling lega di kelas big sedan. Pabrikan berlambang H tegak itu mengklaim Clarity dapat memuat lima orang dewasa.

Kendati dipastikan segera meluncur, Honda Clarity ternyata tidak akan dijual bebas. Selama setahun, Honda hanya akan menjual mobil seharga 7,66 juta yen atau sekitar Rp867 jutaan itu kepada pemerintahan serta perusahaan tertentu dan meminta masukan dari mereka.

Selain meluncurkan mobil Honda Clarity, di TMS 2015 raksasa otomotif asal Jepang itu juga memamerkan supercar Honda All New NSX, mobil sport Honda Civic Type R, dan MPV mewah Honda Odyssey Hybrid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya