SOLOPOS.COM - Mobil dinas Pemerintah Kota Surabaya diubah menjadi mobil jenazah. (Pemkot Surabaya)

Solopos.com, SURABAYA — Buruknya kondisi Surabaya akibat pandemi virus corona memaksa pemerintah kota berinovasi menambah kapasitas pelayanan kedaruratan. Pemkot Surabaya terpaksa mengubah beberapa mobil dinas menjadi mobil jenazah Covid-19.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan mobil dinas yang dimodifikasi menjadi mobil jenazah ini nantinya akan berseiring dengan dibukanya Puskesmas 24 jam untuk layanan darurat warga. “Mobil dinas kita sudah jadi mobil jenazah. Makanya kita buka puskesmas 24 jam karena mobilnya sudah banyak,” katnya, Rabu (14/7/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Eri mengatakan kondisi kendaraan mobil jenazah yang dimiliki Pemkot Surabaya saat ini jumlahnya sangat terbatas. Untuk itu, Pemkot Surabaya berupaya semaksimal mungkin dalam menambah kapasitas pelayanan kedaruratan.

Baca Juga: Bangkok & 9 Provinsi di Thailand Lockdown

“Jadi total mobil yang sudah dimodifikasi sebanyak 14 unit, tapi target kita nanti sekitar 30 unit, dan ini akan kita tambah lagi,” imbuhnya.

Kepala Bagian Layanan Pengadaan dan Pengelolaan Aset Kota Surabaya, Noer Oemarijati menjelaskan, sebanyak 14 unit kendaraan dinas yang telah dimodifikasi tersebut merupakan mobil operasional yang dimiliki beberapa PD di lingkup pemkot.

“Ada spesifikasi khusus untuk menjadikan mobil dinas ini jadi mobil jenazah yakni kendaraan harus layak jalan, salah satu yang dipakai adalah Panther,” ujarnya.

Terus Tambah Armada

Noer menambahkan saat ini pihaknya masih melakukan pengecekan unit kendaraan lain milik perangkat daerah yang dapat digunakan. Tujuannya untuk mempersiapkan penambahan armada mobil jenazah yang ditarget mencapai 30 unit.

“Nanti akan kita cek lagi kendaraan-kendaraan dinas. Kemudian kalau misalnya perlu servis, kita servis dulu sehingga bisa dipakai,” imbuhnya.

Noer menambahkan, bahwa mobil ini sengaja disiapkan khusus untuk jenazah Covid-19. Sehingga modifikasi mobil tersebut penataannya dilakukan dengan mengutamakan safety agar para pengemudi merasa nyaman dan aman.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya