SOLOPOS.COM - Prototipe mobil baru tanpa pengemudi dan setir dari Google (CNN/Google)

Mobil baru dari Google ini dilengkapi dengan kamera dan sensor yang memungkinkan kendaraan berjalan tanpa pengemudi atau setir.

Harianjogja.com, AMERIKA-Google secara resmi memperkenalkan prototipe mobil tanpa pengemudi pada Senin, (22/12/2014), waktu setempat. Sekilas, bentuk mobil pintar ini mirip wajah koala yang dianimasi dan mengenakan kopiah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir dari CCN pada Senin (22/12/2014), dapat dikatakan mobil ini jauh berbeda dengan prototipe yang diperkenalkan Google pada Mei 2014. Pada versi ini, mobil tersebut seluruhnya fungsional. Kendaraan yang diluncurkan dengan warna putih dan abu-abu ini didesain tanpa perlengkapan menyetir, seperti pedal gas dan persneling secara permanen.

Ekspedisi Mudik 2024

Guna memenuhi syarat yang ditetapkan California yakni berkendara dengan aman, opsi menyediakan alat kendali secara manual tetap diperhitungkan. Dengan harapan, saat terjadi bahaya atau kendali otomatis tak berfungsi, pengemudi dapat mengambil alih.

Tim mobil otomatis dari Google saat ini terus melakukan proses uji coba di California. Tepatnya di jalur yang telah direkayasa sedemikian rupa, demi mengetahui tingkat keamanan kendaraan di berbagai situasi jalan. Google menyatakan ingin merilis pilot program kendaraan ini tahun depan.

Teknologi ini dimungkinkan ‘dikawinkan’ dengan mobil komersil yang telah dirilis selama ini, seperti Toyota, Audi dan Lexus. Tentu saja dengan menambah beberapa kamera dan sensor di komputer. Untuk saat ini, Google memilih merakit mibil sendiri. Secara fisik, mobil ini berbentuk seperti kubahan agar dapat memberikan efek pandangan lebih luas bagi penumpang.

Meski terbilang fantastis, penilaian kontroversial mengenai kendaraan otomatis ini juga masih mengemuka. Publik ingin memastikan apakah mobil ini juga memperhatikan masalah etika. Misalnya apakah mobil ini dapat menabrak hewan yang melintas seperti rusa? Ataukah dapat menabrak pembatas jalan? Dengan berbagai kekhawatiran tersebut, Google bekerja dengan pemerintah berusaha memastikan tingkat keamanan mobil di berbagai medan.

Google merupakan satu dari sekian perusahaan yang mengembangkan teknologi mobil tanpa pengemudi. Perusahaan besar seperti BMW dan Mercedes saat ini tengah mengerjakan proyek yang sama. Google berharap dapat menghasilkan satu kendaraan sebelum satu dekade.

Google adalah salah satu dari banyak perusahaan mengembangkan teknologi mobil driverless. Universitas dan produsen mobil besar seperti BMW dan Mercedes bekerja pada kendaraan yang sama. Google berharap untuk memiliki versi di jalan pada akhir dekade ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya