SOLOPOS.COM - Proton Iriz (Paultan)

Mobil Baru Proton Iriz yang dijajal Presiden Jokowi akan segera diluncurkan di Indonesia.

Solopos.com, SOLO – Mobil baru Proton Iriz merupakan mobil yang sempat dijajal Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah menyaksikan penandatanganan kontrak kerja sama antara PT Adiperkasa Citra Lestari dengan Proton Malaysia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabarnya, varian terbari mobil kelas city car itu juga akan dihadirkan di Indonesia lewat Proton Edar Indonesia (PEI). Marketing and Communication PEI Paulina Sari mengungkapkan mobil baru Proton Iriz akan muncul di Indonesia Mei 2015.

“Mobil hatchback kompak tersebut akan meluncur pada bulan Mei 2015,” ujar Paulina seperti dilansir Otomotif Community, Rabu (11/2/2015).

Mobil baru Proton Iriz diklaim akan mengancam pasar Honda, Suzuki terutama pasar low cost green car (LCGC) besutan Toyota dan Daihatsu.

Di negara asalnya, Malaysia, mobil baru Proton Iriz hadir dalam dua pilihan mesin, yakni mesin 1.300 cc dan 1.500 cc. Sistem transmisinya pun hadir dengan lima percepatan dengan pilihat manual dan otomatis CVT.

Dengan jantung pacu tersebut, mobil baru Proton mampu mengeluarkan tenaga sebesar 94 hp dan torsi 120 Nm pada mesin 1.3 liter. Sedangkan pada mesin 1.5 liter, mobil mungil itu dapat menghasilkan tenaga sebesar 108 hp dengan torsi 150 NM.

Dilansir Paultan, Senin (19/1/2015), dalam kabin mobil baru Proton Iriz terdapat headunit layar sentuh berukuran 6,2 inci dengan sistem operasi Android. Meski mungil, mobil ini memiliki bagasi yang muat hingga 215 liter dengan opsi kursi belakang dapat dilipat untuk mendapat ruang lebih luas.

Fitur lain pada mobil baru Proton Iriz adalah Electric Power Streering (EPS), Vehicle Dynamic Control (VDC), rem ABS, Traction Control, dan Hill-Hold Assist. Dalam uji tabrak ASEAN NCAP, mobil itu juga mendapatkan predikat bintang lima.

Meski telah dipastikan akan dirilis dalam waktu dekat, pihak PEI masih enggan membeberkan harga mobil berdimensi 3.920 mm x 1.722 x 1.554 mm itu. Namun diprediksi harga mobil baru Proton Iriz tak jauh dari harga Daihatsu Sirion, Honda Brio, Toyota Etios dan Kia Picanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya