SOLOPOS.COM - Mazda-CX-5 (Istimewa/www.carspride.com)

Solopos.com, HIROSHIMA — Pagi itu, Sabtu (15/3) pukul 9.00 waktu Jepang, suhu udara di Miyoshi Proving Ground, milik Mazda Motor Corporation, berada di bawah level 5 derajat Celcius. Miyoshi Proving Ground adalah fasilitas testing Mazda yang berlokasi di daerah Miyoshi, Hiroshima, Jepang. Fasilitas testing terbentang di lahan seluas 1,67 juta meter persegi dan dibuka pertamakali pada 1965.

Atas undangan Mazda Motor Indonesia, Bisnis Indonesia/Solopos/Harian Jogja, dan beberapa jurnalis Indonesia berkesempatan berkunjung ke fasilitas produksi dan pengembangan mobil perusahaan itu selama lima hari. Kami menjadi jurnalis Asia Tenggara pertama yang menjajal kemampuan Mazda CX-5 Skyactiv, yang diklaim memiliki teknologi dan desain mobil terbaru dari produsen mobil itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cukup luas pandangan yang tersapu saat berada di ruang kemudi mobil berwarna biru langit berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) 2.000 cc yang sudah siap di lintasan sirkuit. Kabin mobil terasa cukup lapang. Saat jok belakang dilipat, bagasi mobil menjadi lebih luas. Balutan jok mobil lima penumpang ini terasa begitu eksklusif, sesuai dengan slogan Mazda, mobil Jepang bercita rasa ekslusif gaya Eropa.

Setelah menekan tombol starter di sebelah kiri setir, mesin menyala tanpa terasa getaran mesin. Ketika pedal gas ditekan dengan keras dan dalam, Mazda CX-5 melaju. Spidometer bergerak dengan cepat. Perpindahan gigi dari level bawah ke level atas terjadi begitu saja tanpa ada jeda atau sentakan. Kecepatan 80 km/jam bisa di capai dengan waktu dalam bilangan kurang dari 15 detik.

“Permindahan gigi dengan transmisi automotis ini kami rancang sangat halus. Tidak ada hentakan saat gigi berpindah. Teknologi Skyactiv yang kami tanam di transmisi ini berbeda dengan mobil generasi sebelumnya,” kata Norihiro Tomita, Deputi GM Vehicle Development Division Mazda Motor Corporation.

Menurut dia, pergerakan yang halus perpindahan gigi otomatis ini dipengaruhi otak komputer yang disematkan dalam transmisi tersebut. Pengendali transmisi dirancang terpisah dari otak komputer yang mengendalikan mesin. “Dengan Skyactiv Drive, teknologi terbaru transmisi ini menjadikan kontrolnya berjalan lebih baik lagi,” tambah dia.

Melewati tikungan tajam, CX-5 terus dipacu dengan kecepatan yang masih cukup tinggi. Melewati jalan zig zag, terasa ada redaman guncangan. Hal ini menurut teknisi Mazda, dipengaruhi suspensi mobil yang dirancang tidak terlalu lembut. Saat menikung, terasa bodi mobil sedikit membuang. Tapi, system stabilisasi kendaraan bekerja dengan baik.

Manajemen Mazda belum mau menginformasikan harga. Hanya saja di Malaysia, harga mobil ini dari informasi di dunia maya dibanderol 159,5 ribu-170,2 ribu ringgit atau setara Rp475 juta – Rp507 juta. Mazda mengklaim kendaraan anyarnya siap bersaing dengan Honda CRV 2000 cc yang dibanderol Rp360 juta dan Nissan X Trail dengan harga Rp351,5 juta.

Spesifikasi Mazda CX-5 Skyactiv
Kapasitas    : 5 orang
Ukuran    : 4,5 m x 1,84 m x 1,72 m (PxLxT)
Jarak roda    : 2,7 m
Max power    : 114/6.000 kW/rpm
Max torque    : 196/4.000 Nm/rpm
Tangki    : 56 liter
Transmisi    : Skyactiv Drive (6 speed automatic transmission)
(JIBI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya