SOLOPOS.COM - Gunung Lawu. (Indonesia.go.id)

Solopos.com, KARANGANYAR — Tahukah Anda ternyata di Gunung Lawu terdapat mitos pantangan mengenakan pakaian hijau ketika mendaki gunung yang berlokasi di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur tersebut?

Mitos larangan mengenakan pakaian hijau ini sudah sangat dikenal di kalangan pendaki.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari informasi yang diperoleh dari unggahan pengelola akun Facebook Pendaki Cantik, dijelaskan bagi pendaki Gunung Lawu lewat jalur Candi Cetho dilarang mengenakan pakaian hijau.

Baca Juga: Beda Angkringan Solo dan Jogja: dari Isi Nasi Kucing – Minuman Khas

Menurut dia, mitos pantangan mengenakana pakaian hijau ketika mendaki Gunung Lawu ada kaitannya dengan Kanjeng Ratu Kidul, sang penguasa pantai selatan Jawa.

“Tapi, bagi kalian yang ingin mendaki Gunung Lawu, disarankan agar tidak memakai baju berwarna hijau mencolok. Terutama untuk yang mendaki melalui Candi Cetho. Sebab, warna hijau ini identik dengan warna ratu pantai selatan,” ujar dia dalam unggahannya pada 4 Desember 2020.

Baca Juga: Sinopsis A Business Proposal, Drakor yang Tayang 21 Februari 2022

Dari cerita yang beredar, jika pendaki nekat mengenakan pakaian hijau disebut-sebut akan mengalami kesialan saat mendaki. “Para pendaki disarankan untuk memakai baju selain warna hijau. Apabila tetap melanggar larangan ini maka dipercaya pendaki tersebut akan mengalami kesialan hingga tersesat saat mendaki Gunung Lawu,” ungkap dia.

Kata Netizen Soal Pantangan Pakai Baju Hijau di Gunung Lawu

Akan tetapi, pantangan mitos larangan menggunakan pakaian hijau saat mendaki Gunung Lawu ini ditanggapi berbeda oleh netizen.

Menurut salah satu netizen, pantangan ini sebetulnya berlaku untuk semua gunung. “Mendaki semua gunung pun disarankan jangan pake warna hijau buat antisipasi seandainya pendaki tersesat atau jatuh ke jurang. Kalo pake warna hijau sulit ditemukan karena mirip sama warna dedaunan. Tapi kalo lain misal oren, pink, kuning bisa cepat ditemukan,” terang netizen bersangkutan.

Baca Juga:  Bukan Rp200 Juta, Kamu Bisa Dapat Daihatsu Rocky dengan Harga Rp90.000

Sementara itu, ada netizen lainnya yang mengaku pernah mendaki Gunung Lawu dengan mengenakan baju hijau dan tak ada masalah apa pun. Menurut pengakuan dia yang diperoleh dari cerita masyarakat sekitat Gunung Lawu terkait pantangan ini adalah baju yang dilarang adalah pakaian hijau berbahan sutra.

“Saya ini ke Lawu pakai jaket hijau, tenda warna hijau iya ga ada apa2, tapi saya tanyakan ke warga sekitar katanya boleh pakai pakaian warna ijo, asal bukan yang berbahan sutra. Saya sendiri sih ngga tau alasannya yang penting kita menghargai kepercayaan warga sana. Semua itu tergantung diri kita sendiri, kalau kitanya ngga sopan atau sompral ya bisa saja celaka, yang penting kita naik gunung dengan niat yang baik & sopan dan tidak buang sampah sembarangan,” jelasnya.

Baca Juga: Viral Penyanyi Mirip Didi Kempot, Ternyata Ini Hlo Orangnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya