SOLOPOS.COM - Pantai Pulau Kodok (Instagram/@lailiira)

Solopos.com, TEGAL – Objek wisata Pantai Pulau Kodok yang berada di Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah ini menyimpan mitos di balik keindahannya. Masyarakat setempat meyakini berendam di pantai tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti strok dan asam urat.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Selasa (29/3/2022), cerita dari warga setempat pada 2014 silam menyebutkan ada seseorang yang sembuh dari strok setelah berendam di pantai itu secara rutin. Karena kabar tersebut, hingga saat ini banyak orang yang berendam setiap pagi dan sore dengan harapan dapat sembuh dari penyakit yang diderita.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah satu warga bernama Abdul mengatakan biasanya banyak orang berendam dan mandi di Pantai Pulau Kodok Tegal setiap hari Minggu pagi dan sore. Hal ini dikarenakan udara pagi hari masih segar serta lingkungan masih bersih.

Baca juga: Hiii… Ada Penampakan Pocong hingga Kuntilanak di Lumpur Kesongo Blora

Mitos ini juga dibenarkan oleh Lurah Panggung, Heru Sukoco, yang mengatakan jika mandi dan berendam di Pantai Pulau Kodok tersebut akan sembuh dari penyakit strok, kolesterol tinggi, dan hipertensi. Keberadaan mitos tersebut membuat pantai ini menjadi ramai.

Pengembangan Pantai Pulau Kodok

Sejak 2019, Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal mengembangkan Pantai Pulau Kodok sebagai objek wisata yang dilengkapi sejumlah wahana air dan juga edukasi terkait perikanan di daerah pesisir.

Meskipun bernama Pulau Kodok, kawasan ini bukan berada di sebuah pulau terpisah tapi masih dalam satu daratan dengan Kota Tegal. Nama Pulau Kodok tersebut hanya sekedar penamaan saja. Hal ini dikarenakan karena pulau tersebut memang memiliki banyak tambak yang dimanfaatkan oleh para pemancing dan para pemancing tersebut sering berpindah-pindah tempat dengan cara melompat dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari tempat duduk.

Baca juga: Duh! Jelang Ramadan, Atap Masjid Agung Pati Masih Bocor

Selain itu, kawasan Pantai Pulau Kodok juga banyak ditemukan kodok sehingga seiring berjalannya waktu, kawasan pantai tersebut dijuluki dengan Pantai Pulau Kodok. Sesuai dengan namanya, saat memasuki kawasan wisata ini, pengunjung akan disambut dengan keberadaan patung kodok raksasa berwarna hijau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya