SOLOPOS.COM - Air Terjun Mandakaripura. (Kemenparekraf.go.id)

Solopos.com, PROBOLINGGO — Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, memiliki sejumlah objek wisata alam yang ciamik. Salah satunya yaitu Air Terjun Mandakaripura yang menyimpan mitos yang belum diketahui banyak orang.

Destinasi wisata alam ini terletak di Dusun Sapih, Desa Branggah, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Air terjun ini memiliki ketinggian 200 meter.

Promosi Gelar Festival Ramadan, PT Pegadaian Kanwil Jawa Barat Siapkan Panggung Emas

Objek wisata ini disebut menjadi air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Menurut mitos yang beredar, Air Terjun Madakaripura menjadi tempat bertapa Patih Gajah Mada untuk terakhir kalinya.

Konon setelah bertapa, Gajah Mada moksa. Sebagai informasi, moksa yaitu melepaskan dari ikatan duniawi dan juga dari putaran reinkarnasi atau Punarbawa kehidupan.

Baca Juga: Pesona Pulo Cinta Gorontalo yang Disebut Maldives-nya Indonesia

Dikutip dari laman Kemenparekraf.go.id, Kamis (24/2/2022), nama Mandakaripura disebut berasal dari tiga kata yang saling berhubungan. Kata mada berasal dari Gajahmada, kari bermakna peninggalan, dan pura yang berarti sembahyang atau semedi.

Berdasarkan cerita mitos, masyarakat setempat meyakini Air Terjun Madakaripura adalah air terjun abadi. Hal itu merujuk pada objek wisata tersebut yang tak pernah mengalami kekeringan.

Pesona keindahan air terjun ini bisa tampak dari bentuk tebing di sekelilingnya. Tebing yang melingkar membentuk seperti gelas raksasa yang tinggi menambah pesona di objek wisata ini.

Baca Juga: Asal Usul Watu Celek Berbentuk Mr P di Dekat Makam Datuk Pardun Cirebon

Tak hanya itu, celah tebing yang meyempit membuat suasana di bawah air terjun seperti gerimis. Wisatawan yang ingin mengujungi Air Terjun Mandakaripura ini disarankan membawa jas hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya