SOLOPOS.COM - Petilasan Ratu Majapahit di kompleks Watu Ombo, Mojokerto, Jawa Timur. (Youtube)

Solopos.com, MOJOKERTO — Petilasan Watu Ombo di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, menyimpan kisah misteri tentang sosok Sabdo Palon. Konon, tempat ini merupakan lokasi para tokoh Kerajaan Majapahit bersemedi meminta petunjuk Sang Hyang Widi.

Menurut cerita yang berkembang, petilasan ini dipakai empat tokoh ternama dari Kerajaan Majapahit. Mereka adalah Tribuana Tungga Dewi (Ratu Majapahit), Resi Maudara, Sabdo Palon, dan Noyo Genggong.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (20/1/2022), petilasan di Mojokerto, Jawa Timur ini kerap dikunjungi peziarah maupun wisatawan. Mereka yang datang mayoritas pemeluk ajaran Hindu, rata-rata dari Pulau Dewata, Bali.

Baca juga: Ramalan Sabdo Palon Nagih Janji, Obrak-Abrik Tanah Jawa?

Tujuan kedatangan mereka bermacam-macam. Ada yang berdoa meminta jodoh, mencari obat, atau agar hajatnya tercapai.

Situs bersejarah ini terletak di Desa Kliterejo, Kecamatan Sooko, Mojokerto. Situs ini diyakini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit di era Tribhuwana Wijayatunggadewi, penguasa ketiga Majapahit.

Baca juga: Jayabaya Dikenal Sakti, Petilasannya Ramai Diziarahi, Ini Lokasinya!

Selamamemerintah pada 1328-1351, dia mengeluarkan kebijakan penting, yaitu mengangkat Gajah Mada sebagai Maha Patih Majapahit yang mengucapkan Sumpah Palapa yang begitu melegenda.

Berdasarkan mitos yang berkembang, orang yang berdoa di tempat tersebut keinginannya akan terkabul. Sebab, petilasan itu dulu merupakan lokasi Ratu Majapahit hingga Sabdo Palon bersemedi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya