Misteri Watu Ombo, Petilasan Sabdo Palon

Petilasan Sabdo Palon dan tokoh penting Majapahit di Watu Ombo, Mojokerto, Jawa Timur, sering dikunjungi peziarah yang ingin menunaikan hajat.
SHARE
Misteri Watu Ombo, Petilasan Sabdo Palon
SOLOPOS.COM - Petilasan Ratu Majapahit di kompleks Watu Ombo, Mojokerto, Jawa Timur. (Youtube)

Solopos.com, MOJOKERTO — Petilasan Watu Ombo di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, menyimpan kisah misteri tentang sosok Sabdo Palon. Konon, tempat ini merupakan lokasi para tokoh Kerajaan Majapahit bersemedi meminta petunjuk Sang Hyang Widi.

Menurut cerita yang berkembang, petilasan ini dipakai empat tokoh ternama dari Kerajaan Majapahit. Mereka adalah Tribuana Tungga Dewi (Ratu Majapahit), Resi Maudara, Sabdo Palon, dan Noyo Genggong.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (20/1/2022), petilasan di Mojokerto, Jawa Timur ini kerap dikunjungi peziarah maupun wisatawan. Mereka yang datang mayoritas pemeluk ajaran Hindu, rata-rata dari Pulau Dewata, Bali.

Baca juga: Ramalan Sabdo Palon Nagih Janji, Obrak-Abrik Tanah Jawa?

Tujuan kedatangan mereka bermacam-macam. Ada yang berdoa meminta jodoh, mencari obat, atau agar hajatnya tercapai.

Situs bersejarah ini terletak di Desa Kliterejo, Kecamatan Sooko, Mojokerto. Situs ini diyakini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit di era Tribhuwana Wijayatunggadewi, penguasa ketiga Majapahit.

Baca juga: Jayabaya Dikenal Sakti, Petilasannya Ramai Diziarahi, Ini Lokasinya!

Selamamemerintah pada 1328-1351, dia mengeluarkan kebijakan penting, yaitu mengangkat Gajah Mada sebagai Maha Patih Majapahit yang mengucapkan Sumpah Palapa yang begitu melegenda.

Berdasarkan mitos yang berkembang, orang yang berdoa di tempat tersebut keinginannya akan terkabul. Sebab, petilasan itu dulu merupakan lokasi Ratu Majapahit hingga Sabdo Palon bersemedi.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago