SOLOPOS.COM - Peristiwa kecelakaan yang melibatkan truk tangki air di tanjakan Sigar Bencah, Kota Semarang, awal September lalu. (Solopos.com/Satlantas Polrestabes Semarang)

Solopos.com, SEMARANG — Kota Semarang tidak hanya memiliki tempat-tempat bersejarah, seperti Museum Lawang Sewu dan Kota Lama. Di Kota Semarang juga terdapat beberapa lokasi yang menyimpan sederet kisah misteri, salah satunya adalah tanjakan di Sigar Bencah.

Jalan menanjak atau tanjakan di Sigar Bencah, yang terletak di Jalan Imam Suparto, Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, itu memang kerap dikait-kaitkan dengan kisah misteri atau mitos. Hal ini menyusul lokasi tersebut yang kerap terjadi kecelakaan maut hingga menimbulkan korban jiwa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu peristiwa kecelakaan maut di Tanjakan Sigar Bencah terjadi awal September 2021 lalu. Saat itu, truk pengangkut air kehilangan kendali saat melintas di tanjakan tersebut hingga menabrak sejumlah kendaraan. Akibat kecelakaan itu, empat orang meninggal dunia, di mana salah satunya balita berusia 3 bulan.

Baca juga: Kisah Misteri Pabrik Karet Mijen, Ada Kuntilanak – Kelabang Raksasa

Kisah misteri yang menyelimuti tanjakan di Sigar Bencah ini juga pernah dibagikan akun @infokejadiansemarang di Instagram. Dalam unggahannya itu, akun @infokejadiansemarang menyebut adanya mitos mistis terkait keberadaan sosok lelaki tua penunggu jalan Sigar Bencah, Mbah Jalak.

Bahkan, menurut akun @infokejadiansemarang, di Sigar Bencah terdapat sebuah makam yang konon merupakan makam Mbah Jalak. Konon makam Mbah Jalak ini kerap didatangi para peziarah yang memiliki hajat atau keinginan, seperti pemburu nomor toto gelap (togel).

Menurut akun tersebut, Mbah Jalak merupakan sosok penjaga hutan di Sigar Bencah. Mbah Jalak digambar memiliki perawakan tinggi besar dan mampu menjelma sebagai ular.

“LOH Laishke awakmu nek weruh ulo ning tengah ndalan Sigar bencah ojo mbok ciak main terak lur, nanti kalo mbah Jalak ngamuk medeni lo lur,” tulis akun @infokejadiansemarang.

Tetap Waspada

Kendati demikian, akun @infokejadiansemarang menyebut keberadaan sosok mahkluk astral bernama Mbah Jalak yang menjadi penunggu tanjakan Sigar Bencah ini hanya kisah misteri atau mitos yang beredar di kalangan warga Kota Semarang. Apakah kisah itu benar atau salah, akun @infokejadiansemarang meminta warga selalu meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati saat melintas di kawasan tersebut.

Tapi terlepas kebenaran mitos, kembali lagj percayakan keamananmu pada Yang Maha Kuasa ya lur, tetap fokus lan waspada,” imbuh akun tersebut.

Baca juga: Kecelakaan Maut di Sigar Bencah Semarang, Warganet Minta Pemerintah Bangun Jalur Penyelamat

Kisah misteri tanjakan di Sigar Bencah di Semarang yang dibagikan akun @infokejadiansemarang ini pun menuai reaksi beragam dari netizen. Beberapa netizen bahkan mengaku sempat melihat penampakan sosok orang tua yang memakai baju zaman dulu saat melintas di jalan tersebut.

Pernah jalan disitu malam2 papasan dgn mbah2 pake Jarit sedengkul dan atasan kayak baju zaman dulu pake caping mukanya gak kelihatan,aku turun beliau jalan kaki naik pas tanjakan??pas papasan nggak ngeh klo mahluk astral pas sadar aku tengokin lagi kebelakang gak ada siapa2 cuman gelap gulita??,” tulis akun @lenny.rahayu.524.

Sementara itu, akun @rasyid_muazam, membantah cerita terkait makam Mbah Jalak yang kerap didatangi peziarah untuk mencari nomor buntut. Menurutnya, makam yang ada di kawasan Sigar Bencah itu merupakan makam seorang ulama atau wali.

Ga bener iku kang, seng nyebar berita.. Jika mbah kyai jalak membo dadi ulo lan sosok tinggi besar. Yg wujud itu Mr.X alias demit. yg di buat laku minta nomer. Iku makam wali kang.. Beliau wujudnya seorang laki bersorban,” tulis akun @rasyid_muazam.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya