SOLOPOS.COM - Kondisi bekas aliran Sungai Bengawan Solo atau Kalimati yang dipenuhi enceng gondok dan sampah di Desa Telukan, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, Kamis (24/12/2020). (Bony Eko Wicaksono/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO — Di bawah ini terdapat kisah misteri Kalimati yang ada di Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Kalimati merupakan salah satu lokasi memancing yang populer di Kabupaten Jamu. Apalagi di sini terkenal dengan ikan gabusnya yang mudah diperoleh.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tetapi, di balik itu terdapat kisah misteri yang legendaris di lokasi ini. Menurut informasi yang diperoleh Solopos.com dari unggahan pengelola akun Instagram @misterisolo, dahulunya di daerah ini hidup seorang kakek abdi keraton yang konon katanya menikah dengan makhluk halus sundel bolong.

Baca Juga:  Apa Itu NFT, yang Dijual Ghozali Everyday dan Untung Hingga Miliaran?

Sosok kakek abdi dalem keraton itu disebut-sebut juga mempunyai ilmu di luar nalar. “Beberapa ajian yang mustahil untuk dimiliki berhasil beliau kuasai. Dari ilmu langkah secepat angin agar bisa sampai ke tempat tujuan dengan cepat hingga jiwanya yang bisa keluar dan kembali lagi ketika tugasnya selesai,” ungkap pengelola akun Instagram @misterisolo mengulas tentang Kalimati Sukoharjo.

Bukan hanya memiliki satu istri, mitos yang beredar kakek ini mempunyai beberapa pasangan makhluk halus. “Mitosnya, kakek ini beristri beberapa makhluk gaib. Ada yang mengatakan sundelbolong, peri, atau bahkan kuntilanak. Konon si kuntilanak adalah penunggu lama sebuah pohon asam takjauh dari desa ini. Kononpula, kesaktian sang kakek juga berasal dari pernikahan gaib ini,” imbuh dia.

Baca Juga: Spesifikasi Tol Solo-Jogja, yang Pangkas Waktu Perjalanan Jadi 20 Menit

Misteri “Mati Geret 3” di Kalimati Sukoharjo

Tidak hanya cerita tentang pernikahan gaib, ada mitos tentang “mati geret 3” yang begitu terkenal di wilayah ini.

Hal ini bermula ketika kakek sakti tersebut berwasiat agar kali yang menjadi anak sungai Bengawan Solo ini untuk tidak dimatikan. Tetapi, oleh warga setempat dilanggar karena kondisi dan keadaan lingkungan yang tidak memungkinkan.

Baca Juga:  Tugu Sepuser Temanggung, Jejak Majapahit yang Diklaim Titik 0 KM Jawa

“Tak lama setelah sungai dimatikan, sang kakek meninggal. Dan entah mengapa di waktu yang berdekatan ada 3 orang dengan umur yang sama dengan sang kakek ikut menghembuskan nafasnya,” jelas dia bercerita soal mati geret 3 di Kalimati Sukoharjo.

Mitos orang meninggal yang bakal disusul tiga orang lainnya yang seumuran masih terdengar hingga sekarang di wilayah ini. “Kadang beberapa sesepuh desa yang mengetahui legenda ini menyempatkan mampir berdoa ke makam sang kakek sakti jika ada kematian penduduk setempat,” tutup pengelola akun Instagram @misterisolo.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Vaksin Booster, yang Mulai Diberikan Hari Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya