SOLOPOS.COM - Zainudinn MZ. (Antara)

Solopos.com, SOLO KH Zainuddin MZ merupakan penceramah kondang yang dijuluki dai sejuta umat. Namun, tahukah anda kepanjangan atau arti MZ pada nama Zainuddin MZ?

Sejumlah laman internet menyebut MZ adalah kependekan dari Memang Zainuddin. Jadi, huruf MZ hanya digukanan sang kiai sebagai nama panggung atau nama beken, bukan nama asli.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Namun, di laman Wikipedia disebutkan MZ di nama Zainuddin MZ mengandung nama dari orang tuanya, yakni Turmudzi dan Zainabun. Zainuddin MZ mengambil nama ayah dan ibunya sebagai nama bekennya.

Baca Juga: Profil Zainuddin MZ Dai Sejuta Umat, Ceramahnya Selalu Bikin Teduh

Sementara versi lain membantah dua huruf MZ di nama Zainuddin MZ itu hanya memiliki arti sebagai nama beken. Dikutip dari laman resmi Kementerian Agama, kedua huruf itu adalah kependekan dari nama panjang sang kiai, yaitu Zainuddin Muhammad Zein.

Belum diketahui secara pasti apa kepanjangan MZ dalam nama Zainuddin MZ. Namun terlepas dari misteri namanya, Zainudin MZ dikenang sebagai dai yang selalu menyejukkan hati melalui ceramahnya.

Baca Juga: Profil Ustaz Abdul Somad, Ulama yang Diisukan Ditangkap Densus 88

Dai yang meninggal dunia pada 2011 silam tersebut kini bahkan masih dirindukan umat Islam dari berbagai golongan. Ceramah-ceramahnya yang terekam semasa hidup kini beredar di berbagai platform media sosial sebagai penyejuk jiwa dan obat kerinduan umat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya