SOLOPOS.COM - Ilustrasi horor, misteri (Freepik)

Solopos.com, JOGJA — Yogyakarta memiliki sejumlah wisata dan kuliner khas yang lezat. Selain itu Jogja juga menyimpan kisah misteri seperti sosok Mbah Atin yang masih dipercaya masyarakat setempat.

Sosok Mbah Atin merupakan perempuan tua yang diyakini mendatangakan petaka jika ia menampakkan diri. Kisah perempuan tua ini kemudian berkembang dan menjadi urban di Yogyakarta setelah diceritakan dari mulut ke mulut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip dari Liputan6, Senin (27/12/2021), Mbah Atin yang penuh misteri itu disebut mengenakan kebaya kuning dan tas berwarna hitam. Konon, ia kerap berpindah-pindah tempat dan hingga kini belum diketahui pasti asalnya.

Baca Juga: 8 Pohon Ini Diyakini Disukai Makhluk Gaib, Ada Beringin hingga Pisang

Sosok Mbah Atin diceritakan sebagai perempuan tua yang tidak waras. Ia akan mengajak siapa pun yang ditemuinya dengan mengajak jalan-jalan dan memberi makan. Konon, orang yang menerima ajakan Mbah Atin maka akan dibunuh untuk penyempurna ilmunya.

Di sisi lain, ada pendapat yang menduga Mbah Atin merupakan orang yang mendalami ilmu hitam dan memiliki kekuatan jahat. Keberadaanya juga disebut menjadi pembawa sial atau pembawa petaka.

Dikutip dari Okezone, kisah misteri Mbah Atin sudah melekat di masyarakat dan membuat banyak orang takut dan cemas akan keberadaanya. Sosok Mbah Atin juga dijuluki sebagai pencabut nyawa. Seperti kisah seorang bocah yang sempat bercerita bertemu dengan perempuan tua dalam mimpinya. Bocah tersebut kemudian meninggal setelah terbawa arus sebelum waktu sore.

Baca Juga: Misteri Dibalik Keindahan Danau Linting, Warna Air Berubah-ubah

Meski belum diketahui kebenaran cerita sosok perempuan tua. Kisah-kisah dari masyarakat juga belum dipastikan Mbah Atin penyebabnya. Namun, cerita  sosok Mbah Atin masih diyakini keberadaanya hingga sekarang oleh sebagian orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya