SOLOPOS.COM - Ilustrasi Makam Kemangi di Kendal yang dipercaya angker. (Youtube Trans 7)

Solopos.com, KENDAL — Kompleks pemakaman di Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng), menyimpan sederet kisah misteri hingga kerap disebut angker. Makam yang dipercaya sebagai tempat wingit atau angker di Kendal itu tak lain adalah Makam Kemangi yang berada di tepi desa dan berbatasan dengan Laut Jawa.

Dikutip dari laman resmi Desa Jungsemi, keberadaan Makam Kemangi itu sebenarnya tidak bisa dilepaskan dari sejarah perjuangan Raja Mataram, Sultan Agung, terhadap penjajah Belanda.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kala itu, Makam Kemangi kerap dijadikan lokasi pertemuan atau paseban Sultan Agung dengan prajuritnya dan para tokoh untuk menyiapkan strategi melawan Belanda. Konon, lokasi itu dipilih karena banyak terdapat oyot mimang, atau akar pohon dewandaru, yang dipercaya memiliki kekuatan mistis sanggup membuat orang tersesat.

Hal itupulah yang dipercaya membuat lokasi pertemuan Sultan Agung dengan prajuritnya tidak mudah diketahui penjajah. Hal itu dikarena khasiat oyot mimang yang dipercaya mampu membuat pagar gaib sehingga pertemuan Sultan Agung dengan para tokoh pergerakan melawan penjajah Belanda itu tak bisa dilihat secara kasat mata.

Namun, seiring berjalannya waktu, Makam Kemangi di Kendal justru dipercaya sebagai lokasi yang angker dan penuh dengan cerita misteri. Hal itu tak terlepas dari banyaknya cerita-cerita mistis terkait keberadaan makam yang konon merupakan tempat peristirahatan prajurit Sultan Agung yang gugur saat melawan Belanda.

Baca juga: Hutan Larangan Kendal, Saksi Bisu Pembantaian G30S-PKI di Jawa Tengah

Pantauan Solopos.com dari sebuah kanal Youtube misteri, Makam Kemangi di Kendal dipercaya angker karena diselimuti sederet kisah misteri. Salah satu kisah misteri yang populer adalah terkait penampakan bangunan megah bak keraton atau istana di makam tersebut.

Selain itu, banyak yang percaya jika Makam Kemangi merupakan lokasi makhluk halus dari Alas Roban yang dipindahkan oleh seorang tokoh dari Gringsing, Batang, bernama Ki Ageng Penatus.

Tak hanya itu, konon banyak anak kecil yang hilang saat bermain di lokasi Makam Kemangi. Anak-anak itu kemudian ditemukan di tengah makam, di bawah pohon besar atau area persawahan. Cerita ini pun membuat Makam Kemangi di Kendal menjadi lokasi yang dipercaya angker atau keramat.

Baca juga: Ini 5 Tempat Angker di Pemalang, Jembatan Comal – Gunung Gajah

Bahkan ada yang menyebut jika pernah terjadi peristiwa yang janggal saat seorang sopir truk yang mendapat pesanan pasir di kompleks Makam Kemangi. Sopir itu mengaku saat itu memasuki kota yang megah dan sangat modern.

Sedangkan cerita misteri terkait Makam Kemangi di Kendal yang dikenal angker adalah tentang seorang sopir truk yang mendapat pesanan semen untuk dikirimkan ke lokasi tersebut. Katanya, semen itu akan digunakan untuk pembangunan masjid di kawasan tersebut. Namun, ternyata pemesan semen itu sudah lama meninggal.

Nah, demikianlah sederet kisah misteri yang membuat Makam Kemangi di Desa Jungsemi, Kabupaten Kendal, dipercaya menjadi lokasi yang angker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya