SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Kota Solo dikenal mempunyai banyak daya tarik dengan wisata dan kuinernya yang lezat. Namun, Solo juga memiliki tempat-tempat yang dianggap menyimpan kisah misteri seperti makam sosok yang dianggap Robinhood bernama Mbah Precet yang berada di Jl Abiyoso, Kampung Teposanan, Kelurahan, Sriwedari, Laweyan.

Tak banyak orang tahu bahwa makam Mbah Precet atau Kiai Precet yang terletak di pinggir jalan dekat Gedung Olahraga Bhinneka yang kini menjadi GOR Sritex itu menyimpan sejumlah misteri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Misteri Makam di Teposanan

Bedasarkan keterangan di unggahan akun Instagram @misterisolo, Mbah Precet pada masa hidupnya dikenal sebagai orang sakti mandraguna. Ia gemar mencuri dan merampok harta orang-orang kaya dan para kolonial VOC (Kongsi dagang Belanda).

Baca Juga: Jos! Pemuda-Pemudi di Boyolali Ini Tetap Sinoman Meski Diguyur Hujan

Namun, hasil curian yang didapatkan Mbah Precet tidak untuk dinikmati pribadi, melainkan dibagikan kepada orang-orang miskin kala itu sehingga dijuluki Robinhood. Mendapati hartanya dirampok Mbah Precet, orang-orang kaya dan pedagang yang berpihak pada VOC kemudian memburu orang sakti tersebut. Mbah Precet yang mempunyai kesaktian pun beberapa kali berhasil meloloskan diri dar kejaran orang-orang kaya dan pedagang.

Kendati demikian, Mbah Precet akhirnya tertangkap dan terbunuh setelah beberapa kali lolos. Jenazah orang sakti yang dianggap Robinhood dari Solo itu kemudian dikuburkan di tempat yang sama seperti sekarang.

Baca Juga: Jadi Belantik, Ternyata Ini Cita-Cita Mahasiswi Cantik Wonogiri

Sebagai informasi, sebelumnya adanya gedung olaharaga dan pemukiman penduduk. Daerah Teposanan merupakan kompleks kuburan yang dianggap sakral.  Makam-makam di kuburan itu bisa dipindahkan pada 1980-an. Hanya makam Mbah Precet yang tidak dapat dipindahkan karena terganjal wasiat almarhum.

Konon, gangguan dan musibah muncul saat rencana pemindahan makam Mbah Precet yang dianggap Robinhood Solo itu. Beberapa kejadian mistis yang terjadi di gedung olahraga dianggap pengaruh dari makam Mbah Precet. Kisah misteri terjadi seperti lampu GOR yang mendadak mati saat pertandingan akan dimulai karena ada mobil yang diparkirkan di atas makam yang berlokasi di Teposanan itu.

Para atlet yang akan bertandingan juga pernah kesurupan lantaran ada oknum atlet yang sengaja membuang sampah di makam Mbah Precet. Konon, makam Mbah Precet tersebut dijaga oleh kera raksasa. Jika ada orang yang tidak menjaga tata krama pada makam Mbah Precet, orang itu akan mendapatkan kesialan.

Baca Juga: Viral! Dimarahi Nenek, 2 Bocah Kabur dari Rumah Jalan Belasan Kilometer

Makam Mbah Precet hingga kini masih bertahan dibatasi besi pada kiri dan kanannya. Sementara pusaranya dikeramik bercorak merah. Beberapa masyarakat tak jarang mengunjungi makan di dekat GOR itu untuk menabur bunga hingga membuat syukuran untuk mengenang almarmuh Mbah Precet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya