SOLOPOS.COM - Salah satu bus masuk terminal bus Kartasura, Sukoharjo, melalui pintu gerbang timur, Minggu (5/3/2017). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO – Di bawah ini terdapat kisah misteri jin tethekan, di mana kerap gentayangan di Terminal Kartasura, Sukoharjo, yang merupakan bekas kuburan China.

Perlu diketahui, sebelum dibangun terminal, pusat pemberhentian bus di Kartasura ini dulunya merupakan kuburan China atau masyarakat kerap menyebutnya Bong Gunung Pare.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga:  Bermodal Rp250 Juta, Ternyata Segini Keuntungan Buka Pertashop

Berdasarkan informasi yang diunggah oleh pengelola akun Instagram @misterisolo, Terminal Kartasura ini bukan hanya bekas kuburan China, tetapi juga tempat lokalisasi yang disebut-sebut lebih besar dibandingkan Dolly di Surabaya, Jawa Timur.

“Lokasi ini merupakan sebuah komplek pemakaman etnis Tionghoa atau sering disebut Bong Gunung Pare. Meskipun menjadi pemakaman, Bong Gunung Pare tidak serta merta menjadi tempat yang menakutkan. Buktinya tempat ini dahulu pernah menjadi pusat lokalisasi di Soloraya. Bahkan kabarnya, lokalisasi ini lebih besar dibanding Dolly yang ada di Surabaya,” ungkap dia.

Baca Juga: Profil Andika Perkasa, Calon Tunggal Panglima TNI Berharta Rp179 Miliar

Terminal Kartasura yang dulunya bekas kuburan China ternyata menyimpan kisah misteri berupa sosok jin jenis tethekan.

Menurut pengelola akun Instagram @misterisolo, jin tethekan ini berbentuk seperti jerangkok atau biasa dikenal dengan hantu tengkorak.

Baca Juga:  Jangan Ngasal! Ada 11 Aturan Khusus Jadi Agen Gas Elpiji 3 Kg Pertamina

“Beberapa sudut tanpa perawatan menjadi spot menarik untuk tongkrongan para gaib terminal. Sosok yang terkenal adalah jin jenis tethekan. Makhluk berbentuk jerangkong ini beberapa kali diceritakan muncul di video hasil rekaman pecinta bus. Konon, sosok ini sering mengganggu dengan suara patahan tulang yang khas,” cerita dia.

Misteri Lain di Terminal Kartasura yang Dulu Bekas Kuburan China

Bukan hanya jin tethekan, terdapa kisah misteri lainnya yang kerap menghantui para penumpang bus di Terminal Kartasura yang dulunya bekas kuburan China ini.

Mulai dari penampakan bayangan putih yang diduga kuntilanak hingga sosok tinggi besar berwarna merah dengan mata putih kerap muncul di terminal yang berada tak jauh dari Jalan Raya Solo – Semarang ini.

Baca Juga:  Penyebab Gagal Jantung di Usia Muda, Seperti Dialami Hanna Kirana

“Aktivitas gaib area ini juga bisa dikatakan ramai. Dari pelemparan kerikil ke bis yang sedang digunakan untuk beristirahat oleh sopir dan kernetnya, penampakan bayangan putih yang diduga kuntilanak yang sering muncul sekelebat mengganggu ketenangan mata, atau juga sosok tinggi besar berwarna merah dengan mata putih yang besar muncul di beberapa sudut semak-semak dengan erangan seramnya,” beber pengelola akun Instagram @misterisolo.

Menurut @misterisolo, Terminal Kartasura ini perlu dirawat sehingga tidak menjadi sarang bagi para penghuni makhluk halus. Hal ini mengingat di terminal ini masih terdapat beberapa sudut yang telah menua, kotor dan ditumbuhi rumput liar.

Baca Juga: Berapa Sih Keuntungan Jadi Agen Gas Elpiji 3 Kg Pertamina?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya