Misteri Jelmaan Burung Jalak di Gunung Lawu, Konon Jadi Penunjuk Jalan Pendaki

Terdapat cerita misteri di Gunung Lawu yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur berupa jelmaan burung jalak. Apa tugasnya?
SHARE
Misteri Jelmaan Burung Jalak di Gunung Lawu, Konon Jadi Penunjuk Jalan Pendaki
SOLOPOS.COM - Tebing Gunung Lawu. (Istimewa/Tim SAR Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Di Gunung Lawu yang berlokasi di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini menyimpan kisah misteri yang tak ada habisnya untuk diulas.

Selain dianggap sebagai salah satu lokasi kerajaan gaib di wilayah Soloraya, Gunung Lawu juga terdapat kisah mistis yang lain, yakni jelmaan burung jalak.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Cerita Misteri Sejoli Mesum di Candi Cetho Karanganyar yang Berakhir Miris

Bagi para pendaki Gunung Lawu, burung jalak ini kerap mereka temui. Konon katanya, burung tersebut merupakan jelmaan dari Ki Jalak, salah satu abdi Brawijaya V yang bertugas menunjukkan jalan bagi para pendaki.

Dari cerita yang beredar, burung jalak tersebut akan mempermudah pendaki Gunung Lawu agar tidak mudah tersesat di lereng gunung setinggi 3.265 meter ini. Sebagaimana diungkap oleh pengelola akun Instagram @misterisolo.

Misteri Pohon Beringin Berselimut Kain Bali di Tikungan Tawangmangu Karanganyar

"Bagi yang sering mendaki ke Gunung Lawu, tentunya tidak asing dengan mitos burung yang menunjukkan jalan ke beberapa pendaki agar tidak tersesat. Mitosnya burung-burung tersebut adalah wujud dari beberapa penunggu gunung Lawu yang dipimpin oleh Ki Jalak, salah satu abdi Brawijaya V yang menjelma menjadi jalak putih," ungkap dia.

Ekspedisi Energi 2022

Berbagai pengalaman misteri bertemu burung jalak di Gunung Lawu juga diungkap netizen yang berkomentar di unggahan @misterisolo itu. Seperti yang diungkap dua netizen berikut ini.

Kisah Misteri Pesugihan Umbel Meler di Klaten, Dulu Digemari Banyak Orang

"Nek aku wes tau min , tp pas ng pringgondani , ktmu jalak iteng ngetuti kui sampai sendang [kalau aku sudah pernah min, tapi pas di Pringgodani. Ketemu jalak hitam yang mengikutiku sampai mata air]," jelas salah satu netizen.

"Pernah, pas istirahat di pos 3 via cemoro sewu, di tungguin jalak.. kebetulan pas sy bw pisang, tak kasih pisang mau dia," tambah netizen lainnya.

Misteri Sosok Peri yang Kerap Muncul di Waduk Cengklik Boyolali

Kupu-kupu Hitam

Tak hanya burung jalak, ada pula kupu-kupu besar berwarna hitam yang menjadi misteri tersendiri di Gunung Lawu.

Masih diungkap oleh pengelola akun Instagram @misterisolo, kupu-kupu hitam besar ini mempunyai corak berbentuk bulat biru di tengahnya.

Misteri Kuntilanak Ngesot Hingga Sosok Rambut Gimbal di Terminal Tirtonadi Solo

"Kupu ini dipercaya sebagai wujud diijinkannya kita untuk masuk ke Gunung Lawu," ujar dia.

Di Gunung Lawu juga terdapat beberapa larangan yang masih dipatuhi oleh para pendaki. Beberapa di antarnya tidak boleh mendaki dengan jumlah ganjil hingga memakai pakaian berwarna hijau.

Katanya Ada Hantu Tanpa Kepala di Solo Technopark, Pernah Lihat?

"Ada pula mitos tentang sawan yang berbentuk kabut. Konon, jika ada suara gemuruh disertai kabut disarankan agar kita segera turun gunung atau segera rebahan telungkup sampai kabut tersebut hilang," jelas @misterisolo.

Ada Makmum Gaib di Masjid Agung Solo, Gimana Ceritanya?

Kerap Jadi Lokasi Kecelakaan, Akun IG Ini Sebut Ada Buto Hitam Hingga Kuntilanak di Underpass Makamhaji

Kumpulan Kisah Misteri

 



Kata Kunci : Gunung Lawu KISAH MISTERI
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago